Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Beata Magdalena Caterina Morano

November 15, 2019 | Orang Kudus

Para Kudus – 15 November

Magdalena Caterina Morano (n. Chieri, 15 November 1847 – M. Catania, 26 Maret 1908 ), adalah seorang religius Salesian Italia, masuk dari usia muda ke Kongregasi Putri Maria Bantuan Maria, menjadi salah satu dari banyak Salesian muda pada waktu itu, yang tertarik masuk ke dalam kongregasi ini, kongregasi yang baru didirikan oleh Santo Juan Bosco dan Santa María Mazzarello.

Biografi
Magdalena Catalina Morano lahir di Chieri, di provinsi Turin, pada 15 November 1847. Ketika dia berusia delapan tahun, ayahnya Francisco meninggal, jadi dia mulai membantu ibunya dalam pekerjaannya. Berkat bantuan pamannya yang seorang imam, dia bisa belajar lagi. Gurunya menugaskannya untuk merawat anak-anak kecil. Pada saat itu ia bertemu Juan Bosco untuk pertama kalinya, saat dalam perjalanan ke Butigliera d’Asti. Magdalena ingin menjadi guru dan pada usia 17 tahun ia memperoleh sertifikat yang memungkinkannya menjadi seorang guru.

Master
Ketika dia berusia 19 tahun dia mulai mengajar di Montaldo Torinese. Magdalena mengikuti saran direktur spiritualnya, dan setelah membeli rumah untuk ibunya dengan tabungannya, pergi untuk berbicara dengan Don Bosco, yang mengirimnya ke Mornese, di mana Maria Mazzarello menerimanya dengan gembira.

Dengan Ibu Mazarello
Segera dia mulai mengajar. Pada tahun 1880 ia menguduskan dirinya kepada Tuhan melalui sumpah abadi, kaul kekal dan meminta rahmat Tuhan untuk “tetap hidup sampai ia menjadi orang suci.” Pada tahun 1881, atas permintaan Uskup Agung Catania, Magdalena dikirim untuk melanjutkan tugasnya di Trecastagni, di mana tiga guru sudah bekerja. Selama empat tahun ia bertanggung jawab, mengajar, mencuci, memasak, dan menjadi seorang katekis.

Sisilia
Setelah istirahat satu tahun di Turin, di mana dia bertanggung jawab atas komunitas putri – putri Mary Help of Christian di Valdocco, dia dikirim ke Sisilia sebagai pengunjung, direktur, dan guru pemula. Tugasnya adalah menemukan komunitas baru dan melatih para suster. Dia membuka sekolah, oratorium, tempat berlindung, dan lokakarya di seluruh pulau.

Banyak panggilan muncul, tertarik oleh semangatnya dan semangat komunitas yang ia ciptakan di sekitarnya. Berbagai kerasulannya disambut dan didukung oleh para Uskup. Di Catania ia dipercayakan dengan pengawasan seluruh katekese, fondasi oratori baru dan Sekolah Tinggi Guru.

Ia sangat berbakti kepada San José dan María Auxiliadora, yang berhasil menyebarkan karisma Don Bosco dan sistem pencegahan.

Kematian
Karena tumor, Sr. Morano meninggal di Catania pada 26 Maret 1908. Saat kematiannya tahun itu, sudah berdiri 18 rumah komunitas di Sisilia, 142 saudari, 20 novis dan 9 pelamar. Di kota tempat dia wafat, Paus Yohanes Paulus II memproklamirkan dia sebagai yang diberkati (Beata) pada 5 November 1994. Jasadnya dihormati di Ali Terme (Catania).

Related For Beata Magdalena Caterina Morano