Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Beato Serafim Koda

March 11, 2020 | Orang Kudus

Para Kudus – 11 Maret

Gjon Koda, Salah seorang dari 38 Martir Albania

“Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.” Yoh 15:13
Beato Gjon Koda lahir pada tanggal 25 April 1893 di Janjevë, Lypjan, Serbia. Ia masuk biara Fransiskan dan semenjak itu ia menggunakan nama biara : Serafim. Setelah menamatkan studi Teologi, Serafim ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1925 dan merayakan misa pertamanya pada tanggal 30 Juli 1925.

Beberapa tahun kemudian Serafim Koda diutus menjadi missionaris ke Albania Utara. Ia ditugaskan untuk meneruskan karya missionaris Ordo Fransiskan di wilayah tersebut yang telah dirintis sejak abad ketiga belas. Wilayah misi ini sangat sulit dijangkau. Teletak di dataran tinggi dengan desa-desa terpencil yang terkurung diantara pegunungan yang sulit dijangkau. Pater Serafim harus bekerja sangat keras selama puluhan tahun di wilayah terpencil ini. Disini ia bertugas pastor paroki di Lezhë, katekis, guru sekolah, dan provincial ordo Fransiskan.

Setelah Perang dunia kedua berakhir, rezim Komunis pro Uni Soviet mengambil alih kekuasaan di Albania. Dibawah cengkeraman kaum Komunis, Gereja-gereja disegel, seminari-seminari ditutup dan biara-biara dibubarkan. Para rohaniwan-rohaniwati ditahan dengan berbagai tuduhan palsu dan dijebloskan ke dalam penjara. Banyak diantara mereka yang kemudian di eksekusi mati.
Pater Serafim Koda ditangkap tentara Komunis pada tahun 1947 dengan tuduhan palsu : Mengadakan pertemuan untuk merancang plot kudeta terhadap pemerintah. Ia dijanjikan kebebasan bila mau menandatangani surat pernyataan bahwa para Fransiskan dan Jesuit di Albania telah merancang plot kudeta melawan pemerintah. Walau dibujuk, diancam, dan disiksa dengan berbagai metode penyiksaan, Pater Koda tetap menolak menandatangani surat tersebut. Ia tahu surat tersebut akan digunakan sebagai bukti palsu untuk menghukum mati para klerus, dan menghancurkan kehidupan gereja Albania.

Rakyat Albania menyambut Beatifikasi 38 Martir Albania

Setelah dua minggu menyiksa pater Serafim Koda tanpa membuahkan hasil, para komunis memutuskan untuk melenyapkan imam Fransiskan ini. Ia dibunuh pada 11 mei 1947 setelah terlebih dahulu disiksa dengan mengerikan dan tenggorokannya dipaku dengan paku-paku besar. Jenasahnya dikuburkan secara rahasia disebuah taman, namun ditemukan kembali pada tanggal 16 September 1994.

Beato Serafim (Gjon) Koda dibeatifikasi bersama 38 Martir Albania pada tanggal 5 November 2016 oleh Paus Fransiskus. Pestanya dirayakan pada tanggal 11 Mei sesuai hari kemartirannya; dan pada hari pesta bersama Para Martir Albania pada tanggal 5 November.

Sumber : Santo Santa Gereja

Kisah Santo Santa Gereja lainnya dapat dibaca di Orang kudus

Related For Beato Serafim Koda