Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Dia Sumber Mata Air Kehidupan

March 15, 2020 | Sejenak Eling

Pada kunjungan pertamanya ke Australia, seorang dari Texas diantar mengelilingi ladang peternakan yang luas di suatu wilayah di Australia.

“Mengapa ke sini? Di Texas kami punya peternakan yang lebih luas dari ini!” katanya.
Ketika diperlihatkan kepadanya ternak-ternak yang ada di peternakan itu, dia berkomentar, “Ternak itu semua, bisa tenggelam di tengah hewan ternak saya di Texas.”

Tiba-tiba seekor kangguru muncul di belakangnya dan melompat. Orang Texas yang terkejut itu berteriak, “Apa itu?”

“Lho..kenapa tanya “apa itu”? Memangnya di Texas tidak ada belalang?” tanya orang Australia itu dengan santai.

***

Air sangat penting dalam kehidupan, tanpa air semua makhluk hidup yang ada di bumi akan mati. Tanpa air manusia bisa kehausan, kekurangan zat air di badannya hingga mengakibatkan kematian. Tanpa air, hewan juga akan kehausan dan akhirnya mati. Begitupula tanah tanpa air akan menjadi tandus dan gersang, tumbuh-tumbuhan akan layu dan kering hingga kemudian mati. Peternakan dan ladang-ladang akan mati tanpa air. Masalah air adalah masalah dunia dan masalah kehidupan. Air menjadi simbol kehidupan. Masalah air bisa menjadi bencana kemanusiaan, bahkan krisis air bisa menjadi permasalahan bagi hubungan antar negara.

Dalam kisah perjumpaan Yesus dengan wanita Samaria, yang hendak menimba air di sumur Yakub. Wanita itu telah mengalami pembaharuan tentang makna air hidup. Dari hanya pemahaman tentang air yang menghidupkan badan ke air yang menghidupkan jiwa. Kristus memperkenalkan diri-Nya sebagai mata air kehidupan kekal. Ia sumber kehidupan yang melimpah. Dia adalah sumber dan danau kehidupan yang siap melepaskan dahaga kita, membersihkan kita, merubah dan menumbuhkan kembali hidup kita. Yesus adalah sumber kasih karunia Allah, yang melepaskan dahaga kita dari kekeringan batin, dan bukan hanya sekedar air pelepas dahaga biasa, jauh lebih besar.

Renungan Harian lainnya dapat dibaca di Sejenak Eling

Related For Dia Sumber Mata Air Kehidupan