Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Hari Biasa Minggu I Pra Paskah, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu”

March 5, 2020 | Bacaan & Renungan

Kalender Liturgi, Hari Biasa Minggu I Pra Paskah, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu”, Kamis, 5 Maret 2020

Bacaan I

T.Est 4:10a.10c-12.17-19

Est 4:10-12
Akan tetapi Ester menyuruh Hatah memberitahukan kepada Mordekhai:
“Semua pegawai raja serta penduduk daerah-daerah kerajaan mengetahui bahwa bagi setiap laki-laki atau perempuan, yang menghadap raja di pelataran dalam dengan tiada dipanggil, hanya berlaku satu undang-undang, yakni hukuman mati. Hanya orang yang kepadanya raja mengulurkan tongkat emas, yang akan tetap hidup. Dan aku selama tiga puluh hari ini tidak dipanggil menghadap raja.”
Ketika disampaikan orang perkataan Ester itu kepada Mordekhai,

Tambahan Kitab Ester 4:17
Maka pergilah Mordekhai dan diperbuatnyalah tepat seperti yang dipesankan Ester kepadanya.

Demikianlah sabda Tuhan.
Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan

Refr. Pada hari aku berseru, Engkau menjawab aku, ya Tuhan.

Mzm 138:1-2a.2bc-3.7c-8
– Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hati, di hadapan para dewata aku akan bermazmur bagi-Mu. Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus.
– Aku memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu,
sebab Kaubuat nama-Mu, dan janji-Mu melebihi segala sesuatu. Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.
– Tuhan, tangan kanan-Mu menyelamatkan daku, Engkau akan menyelesaikannya segalanya bagiku! Ya Tuhan, kasih setia-Mu kekal abadi, janganlah Kautinggalkan buatan tangan-Mu!

Bait Pengantar Injil

Refr. Alleluya, Alleluya

Mzm 51:12a.14a
Ciptakanlah hati yang murni dalam diriku, ya Allah, berilah aku sukacita karena keselamatan-Mu.

Bacaan Injil

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius 7:7-12

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”
“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Demikianlah Injil Tuhan.
Terpujilah Kristus

Renungan.

Pada saat kotbah di bukit Yesus menyampaikan pengajaran-Nya kepada para murid-Nya, supaya meminta kepada Tuhan. Mintalah maka akan diberikan, Tuhan selalu “menjawab”, kalau ada permintaan, ketukan pintu, orang mencari-cari. Ia menunggu semua itu. Tetapi jawaban Tuhan hanya jawaban yang baik, yang lebih baik, bahkan yang paling baik, meskipun tidak disadari oleh manusia. Maka itu manusia akan menolak, sering menggerutu, bahkan menentang. Tuhan tahu, Ia sudah memperhitungkan sikap itu semua, dan Ia menjalankan pilihan-Nya, Ia hanya dapat memberikan yang paling baik. Pada waktunya manusia akan sadar dan mengakui itu, sebaiknya semasih ada di dunia ini.

Manusia dikatakan jahat, tetapi dapat memberikan yang baik. Tuhan selalu baik, dan hanya dapat memberikan yang baik kepada manusia, meskipun di tentang. Tuhan maha baik, sudi mengoreksi doa yang salah.

Ia akan memberikan yang baik, sebab seluruh ciptaan ini diadakan untuk mengatakan kebaikan Tuhan. Seluruh dunia diberikan; ketika manusia berdosa, Ia memberikan penebusan; kesengajaan salah dan kesesatan ditanggapi dengan belas kasih dan pengampunan. Seperti Bapa Ia selalu menunggu, siap menyambut anak yang hilang, bila kembali, minta diterima sebagai hamba. Tetapi Bapa lebih baik: anak dikembalikan martabatnya sebagai putera, diberi tempat di dalam hati, di rumah Bapa : ia dipestakan oleh-Nya.

Berkah Dalem.

Bacaan Kitab Suci dan Renungan Harian lainnya dapat di baca di Bacaan & Renungan

Related For Hari Biasa Minggu I Pra Paskah, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu”