Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Jauhkan rasa ingin menghakimi

December 4, 2019 | Sejenak Eling

Jauhkan rasa ingin menghakimi

“Jika seseorang itu adalah homoseksual, sedang mencari Tuhan dan mempunyai kehendak baik, siapakah saya ini sehingga saya harus menghakiminya?” kata Paus Fransiskus dalam suatu penerbangan dari Rio de Janiero, Brasil ke Italia.

Orang-orang itu lemah dan rapuh. Saat mereka datang kepada kita, berarti dalam diri mereka ada suatu kerinduan untuk bisa menemukan jalan yang benar. Di sinilah kita dipanggil untuk menjadi teman yang baik bagi mereka, teman yang mau mendengarkan dan menghargai mereka. Bergaul dekat dengan orang-orang yang secara sosial dikucilkan sudah menjadi kebiasaan Paus Fransiskus sejak lama. Ketika menjadi Uskup Agung di Buenos Aires, Argentina, ia sering menerima surat dari orang-orang homoseksual yang terbebani secara sosial. Seringkali sikap mayoritas masyarakat membuat kaum homoseksual yang sudah terluka secara sosial semakin berbeban berat. Kita mengucilkan mereka dari konteks kebersamaan hidup, dari masyarakat kita.

Orang sering lebih tergoda berbicara mengenai moral seksual dan segala sesuatu yang terkait dengan hukum tentang seks. Kita kerap lebih siap mengutuk daripada menerima. Kita kerap cepat menilai, tetapi tidak membungkuk untuk memahami derita umat manusia.

Menurut Paus Fransiskus, orang terbiasa menghakimi orang lain karena ia merasa sudah paling benar, tidak merasa membutuhkan rangkulan dan pengampunan dari sesama.

Related For Jauhkan rasa ingin menghakimi