Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Minggu Biasa IV, Hari Biasa, “Yesus Mengutus dan Memberi Mereka Kuasa atas Roh-roh Jahat”

February 6, 2020 | Bacaan & Renungan

Kalender Liturgi, Minggu Biasa IV, Hari Biasa, “Yesus mengutus dan memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat,” Kamis, 6 Februari 2020
PW St. Paulus Miki dan teman-temannya, Martir

Bacaan I

1Raj 2:1-4.10-12

Ketika saat kematian Daud mendekat, ia berpesan kepada Salomo, anaknya: “Aku ini akan menempuh jalan segala yang fana, maka kuatkanlah hatimu dan berlakulah seperti laki-laki. Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju, dan supaya TUHAN menepati janji yang diucapkan-Nya tentang aku, yakni: Jika anak-anakmu laki-laki tetap hidup di hadapan-Ku dengan setia, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa, maka keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel. Kemudian Daud mendapat perhentian bersama-sama nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud. Dan Daud memerintah orang Israel selama empat puluh tahun; di Hebron ia memerintah tujuh tahun, dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun. Salomo duduk di atas takhta Daud, ayahnya, dan kerajaannya sangat kokoh.

Demikianlah sabda Tuhan.
Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan

Refr. Ya Tuhan, Engkau menguasai segala-galanya.

1Taw 29:10.11ab.11d-12a.12bcd
– Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allahnya bapa kami Israel, dari sediakala sampai selama-lamanya.
– Ya Tuhan, milik-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya segala-galanya yang ada di langit dan di bumi!
– Ya Tuhan, milik-Mulah kerajaan Engkau yang tertinggi melebihi segala-galanya. Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu.
– Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya. Dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan, dalam tangan-Mulah kuasa untuk memperluas dan memperkokoh kerajaan.

Bait Pengantar Injil

Refr. Alleluya, Alleluya

Mrk 1:15
Kerajaan Allah sudah dekat. Percayalah kepada Injil.

Bacaan Injil

Inilah Injil Yesus Kritus menurut Markus 6:7-13

Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat, dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan, boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju. Kata-Nya selanjutnya kepada mereka: “Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu. Dan kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di kakimu sebagai peringatan bagi mereka.” Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

Demikianlah Injil Tuhan.
Terpujilah Kristus.

Renungan.

Bacaan Injil pada hari ini yang diambil dari Injil Markus mengisahkan tentang Yesus yang memanggil kedua belas murid-Nya dan mengutus mereka berdua-dua. Kedua belas murid itu diutus kepada keseluruhan umat manusia. Dua belas murid mewakili dua belas suku Israel tetapi juga menggambarkan keseluruhan total yang utuh. Perutusan Yesus mengikutsertakan semua murid bagi seluruh umat, untuk peperangan total antara Kristus melawan semua roh-roh jahat. Apa saja yang termasuk roh-roh jahat ini : pertama-tama setan, dan kemudian segala sesuatu yang ditimbulkan, digerakkan atau dipengaruhi oleh roh jahat, yaitu dosa, maut, penyakit, gerak dan pengaruh yang membawa orang berbuat jahat, atau masyarakat yang menyebabkan dunia menjauh dari Tuhan, dan berbagai tipu muslihat yang merupakan jaringan pengaruh roh jahat, untuk menjebak atau menyesatkan manusia. Peperangan ini tidak dapat dianggap enteng : setiap murid harus mengenali siasat setan, yang berubah warna berganti cara pada setiap saat menurut kebutuhan.

Para Rasul diutus untuk meneruskan dan menyebarkan karya Kristus. Dan karena musuh Kristus yang dihadapi sejak awal ialah setan, maka para rasul pun diberi kuasa atas roh-roh jahat.

Mengenali roh jahat di bawah pengarahan Roh Kristus

Cara kerja para murid tidak selalu berkembang, menandingi siasat dan muslihat roh jahat. Begitu juga pekerja Gereja masih kerap mengulang-ulang “seperti petinju yang sembarangan memukul” (1Kor 9:24), tidak terarah, tanpa meningkatkan kemampuan. Jika Kristus mengutus, Ia melengkapi utusan dengan kuasa : bahkan roh-roh jahat dapat ditaklukkannya. Tetapi dapat jadi, bahwa dalam perjalanan waktu pesan Yesus di samping penugasan terabaikan : perjalanan tanpa beban, seringan mungkin, langsung mengarah pada tujuan tak terikat pada tempat. Pemberitaannya : orang harus bertobat; tugas pokok : mengusir setan; karya amalnya : mengoles orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka. Di masa sekarang ini murid-murid yang diutus harus menanyakan dan menemukan cara, serta menafsirkan dan melaksanakan tugas mulia itu bagi masa sekarang di bawah bimbingan Roh Yesus yang sama.

Berkah Dalem.

Related For Minggu Biasa IV, Hari Biasa, “Yesus Mengutus dan Memberi Mereka Kuasa atas Roh-roh Jahat”