Renungan Harian Katolik 22 Juni 2023

  • miki katolik
  • May 25, 2024
Renungan Harian Katolik Senin, 9 Agustus 2021

Renungan Harian Katolik 22 Juni 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 22 Juni 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Indonesian Carmelites

Bacaan Pertama 22 Juni 2023

2 Korintus 11:1-11

Saudara-saudara, alangkah baiknya, jika kalian sabar terhadap kebodohanku yang tidak seberapa. Dan memang kalian sabar terhadap aku! Sebab aku cemburu kepadamu dengan cemburu ilahi.

Karena aku telah mempertunangkan kalian kepada satu pria untuk membawa kalian sebagai perawan suci kepada Kristus. Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiranmu disesatkan dari kesetiaanmu yang sejati kepada Kristus, sebagaimana Hawa diperdaya oleh ular dengan kelicikannya.

Sebab kalian sabar saja, jika ada seseorang datang mewartakan Yesus yang lain daripada yang telah kami wartakan, atau memberikan kepadamu roh yang lain daripada yang kalian terima, atau Injil yang lain daripada yang telah kalian terima.

Padahal menurut pendapatku sedikitpun aku tidak kurang dibanding rasul-rasul yang tiada taranya itu. Andaikata aku kurang paham dalam hal berkata-kata, tidaklah demikian dalam hal pengetahuan.

Sebab kami telah menyatakannya kepadamu pada segala waktu dan di dalam segala hal. Apakah aku berbuat salah, jika aku merendahkan diri untuk meninggikan kalian, karena aku mewartakan Injil Allah kepadamu dengan cuma-cuma?

Jemaat-jemaat lain telah kurampok dengan menerima tunjangan dari mereka, agar aku dapat melayani kalian. Dan ketika aku dalam kekurangan di tengah-tengahmu, aku tidak menyusahkan seorang pun.

Sebab apa yang kurang padaku, dicukupi oleh saudara-saudara yang datang dari Makedonia. Dalam segala hal aku menjaga diriku, supaya jangan menjadi beban bagimu. Dan aku akan tetap berbuat demikian.

Demi kebenaran Kristus dalam diriku, aku menegaskan, bahwa kemegahanku itu tidak akan dirintangi oleh siapapun di daerah-daerah Akhaya. Mengapa tidak? Apakah karena aku tidak mengasihi kalian? Allah mengetahuinya!

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 22 Juni 2023

Mzm. 111:1-2.3-4.7-8

Ref. Adil dan benarlah karya tangan-Mu ya Tuhan.

  1. Aku bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan di tengah jemaat. Besarlah perbuatan-perbuatan Tuhan, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.
  2. Agung dan semaraklah pekerjaan-Nya, keadilan-Nya tetap untuk selama-lamanya. Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan-Nya peringatan; Tuhan itu pengasih dan penyayang.
  3. Perbuatan tangan-Nya ialah kebenaran dan keadilan, segala titah-Nya teguh; perintah-Nya kokoh lestari untuk selamanya, dilakukan dalam kebenaran dan kejujuran.

Bait Pengantar Injil – Roma 8:15

Ref. Alleluya, alleluya.

Kalian akan menerima roh pengangkatan menjadi anak, dalam roh itu kita akan berseru, “Abba, ya Bapa.”

Bacaan Injil 22 Juni 2023

Matius 6:7-15

Dalam khotbah di bukit, berkatalah Yesus, “Bila kalian berdoa janganlah bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka doanya akan dikabulkan karena banyaknya kata-kata.

Jadi janganlah kalian seperti mereka. Karena Bapamu tahu apa yang kalian perlukan, sebelum kalian minta kepada-Nya. Maka, berdoalah kalian demikian: Bapa kami, yang ada di surga, dimulakanlah nama-Mu.

Datanglah kerajaan-Mu. Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di surga. Berilah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya, dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami.

Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan. Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin. Karena, jikalau kalian mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di surga akan mengampuni kalian pula. Tetapi jikalau kalian tidak mengampuni orang, Bapamu pun tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 22 Juni 2023

Jika Tuhan tahu apa yang kita butuhkan sebelum kita memintanya, apa gunanya doa kita di hadapannya?

Jawabannya begini: Melalui kehidupan doa kita yang konsisten kita menjadi dekat dengan Tuhan. Bahkan semakin banyak kita berdoa semakin kita semakin dekat dengan Tuhan.

Jika kita belum berdoa atau belum memiliki kehidupan doa yang teratur, cobalah memiliki kehidupan doa yang konsisten. Dan Anda akan terkejut dengan pertumbuhan persahabatan Anda dengan Yesus.

Jadi kita berdoa bukan karena kita ingin meminta sesuatu kepada Tuhan karena sesungguhnya Dia mengetahui terlebih dahulu apa yang kita butuhkan. Dia sebenarnya tahu semua yang kita butuhkan dan inginkan hari ini, besok dan di masa depan. Kita berdoa karena kita ingin berteman baik dengan Tuhan.

Ketika kita berdoa dengan takwa, seluruh diri kita berbicara kepada Tuhan dan Dia mendengarkan dan dalam keheningan hati kita Dia juga berbicara kepada kita.

Kami mendengar Tuhan membisikkan kepada kami ini sulit untuk dijelaskan tetapi inilah yang terjadi ketika kami berdoa doa ini dengan khusyuk. Hubungan doa dengan Tuhan seperti ini adalah tanda kehidupan doa yang matang.

Misalnya, dalam hubungan hidup berumah tangga ikatan perkawinan diperkuat dengan seringnya komunikasi antara suami dan istri.

Melalui komunikasi yang teratur ini mereka berdua menjadi dewasa dalam hubungan perjanjian pernikahan. Sampai saat mereka mengetahui dan memahami hampir semua hal tentang diri mereka sendiri bahkan tanpa ekspresi verbal.

Ini sama dengan kehidupan doa kita; semakin kita berdoa dengan seluruh fokus kita kepada Tuhan, semakin kita bertumbuh dalam kedekatan dan persahabatan dengan Tuhan. Kemudian, pada akhirnya akan tiba saatnya ketika kita berdoa kepada Tuhan kita tidak akan lagi mengucapkan sepatah kata pun.

Kita hanya akan berlutut dan tetap diam dan membiarkan hati kita berbicara kepada Tuhan kita yang pengasih, penyayang dan pengasih. Bagaimana kehidupan doa Anda?

Doa Penutup

Allah Bapa kami di surga, bagaimana kami dapat berdoa kepada-Mu, kalau bukan Engkau sendiri yang meletakkan kata-kata pada lidah kami. Semoga kami selalu terbuka terhadap bisikan Roh-Mu dan ajarilah kami mengenal nama-Mu.

Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Kamis 22 Juni 2023 dari infokatolik.id, Amapu benjer

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *