Renungan Harian Katolik 23 Juni 2023

  • miki katolik
  • Jun 30, 2024
Renungan Harian Katolik Sabtu, 2 Oktober 2021

Renungan Harian Katolik 23 Juni 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 23 Juni 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Mopet Channel

Bacaan Pertama 23 Juni 2023

2 Korintus 11:18.21b-30

Saudara-saudara, karena banyak orang bermegah-megah secara duniawi, aku pun mau bermegah. Jika orang lain berani membanggakan sesuatu, maka aku pun – seperti orang bodoh kukatakan berani juga.

Mereka orang Ibrani, aku juga! Mereka orang Israel, aku juga! Mereka keturunan Abraham, aku juga! Mereka pelayan Kristus, aku berkata seperti orang gila: aku lebih lagi! Aku lebih banyak berjerih payah; lebih sering di dalam penjara; didera di luar batas; kerap kali dalam bahaya maut.

Lima kali aku disesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan; tiga kali aku didera, satu kali aku dilempari dengan batu, tiga kali mengalami karam kapal, sehari semalam aku terkatung-katung di tengah laut.

Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu.

Aku banyak berjerih payah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan haus; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian. Di samping banyak hal lain lagi yang tidak disebutkan, masih ada urusanku sehari-hari, yaitu untuk memelihara semua jemaat.

Jika ada orang yang merasa lemah, tidakkah aku turut merasa lemah? Jika ada orang yang tersandung, tidakkah hatiku hancur oleh dukacita? Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 23 Juni 2023

Mzm. 34:2-3.4-5.6-7

Ref. Allah melepaskan orang benar dari segala kesesakannya.

  1. Aku hendak memuji Tuhan setiap waktu; puji-pujian kepada-Nya selalu ada di dalam mulutku. Karena Tuhan jiwaku bermegah; biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya dan bersukacita.
  2. Muliakanlah Tuhan bersama dengan daku, marilah kita bersama-sama memasyhurkan nama-Nya. Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan daku dari segala kegentaranku.
  3. Tujukanlah pandanganmu kepada-Nya, maka mukamu akan berseri-seri, dan tidak akan malu tersipu-sipu. Orang yang tertindas ini berseru, dan Tuhan mendengarkan; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.

Bait Pengantar Injil 23 Juni 2023

Matius 5:3

Ref. Alleluya.

Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, sebab milik merekalah Kerajaan Allah.

Bacaan Injil 23 Juni 2023

Matius 6:19-23

Dalam kotbah di bukit, berkatalah Yesus, “Janganlah kalian mengumpulkan harta di bumi; ngengat dan karat akan merusakkannya, dan pencuri akan membongkar serta mencurinya.

Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di surga. Di surga ngengat dan karat tidak merusakkannya, dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ pula hatimu berada.

Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu. Jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 23 Juni 2023

Ada sebuah kisah tentang seorang pemuda cerdas yang menolak setiap kesempatan untuk menjadi kaya demi melayani Tuhan.

Setelah dua puluh tahun angkatannya mengadakan mudik alumni. Banyak teman angkatannya sudah menjadi eksekutif perusahaan swasta dan pemerintah.

Dan dia? Dia tetap melayani Tuhan. Dibandingkan dengan mereka yang mengeluhkan banyak penyakit yang ditimbulkan oleh tekanan dunia ini.

Teman satu angkatannya memperhatikan penampilan fisiknya yang menyegarkan dan sehat.

Saat Anda berfokus pada Tuhan daripada dunia ini dan saat Anda menyimpan harta untuk surga daripada dunia ini. Anda tidak hanya memiliki penampilan fisik yang baik, Anda juga akan memiliki kehidupan rohani yang sehat. Anda juga akan memiliki hubungan yang dekat dengan Yesus.

Kesehatan rohani adalah kekayaan terbesar namun banyak dari kita dibutakan oleh kekayaan materi yang kita anggap sebagai kekayaan terbesar kita.

Apa untungnya bagi kita jika kita telah mengumpulkan semua kekayaan di dunia ini jika roh kita tidak sehat? Apa untungnya jika kita mendapatkan semua kekayaan di dunia ini jika kita tidak bisa pergi ke surga setelah perjalanan kita selesai?

Apa pun yang kita miliki di dunia ini, cepat atau lambat akan kita tinggalkan atau mungkin akan meninggalkan kita.

Namun, apapun yang telah kita investasikan untuk Tuhan di dunia ini akan menjadi kartu kita ke surga untuk bersama Yesus.

Apa yang Anda investasikan saat ini? Apakah Anda masih berinvestasi pada hal-hal dunia ini?

Doa Penutup

Allah Bapa mahakuasa dan kekal, ajarilah kami menghargai sabda yang Kausampaikan kepada kami. Semoga sabda itu meresap benar dalam hati kami, merasuk sampai ke tulang sungsum, serta membantu kami membahagiakan sesama.

Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Jumat 23 Juni 2023 dari infokatolik.id, Tuhan mamasumasu hita sude

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *