Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 11 Juni 2021

June 9, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 11 Juni 2021

Hari Hati Yesus Yang Mahakudus

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Jumat, 11 Juni 2021

Bacaan Pertama      Hosea Bab 11 : ayat 1. ayat 3 – ayat 4. ayat 8c – ayat 9

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Nubuat Hosea :

Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu.
Padahal Akulah yang mengajar Efraim berjalan dan mengangkat mereka di tangan-Ku, tetapi mereka tidak mau insaf, bahwa Aku menyembuhkan mereka. Aku menarik mereka dengan tali kesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yang mengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untuk memberi mereka makan.
Masakan Aku membiarkan engkau, hai Efraim, menyerahkan engkau, hai Israel? Masakan Aku membiarkan engkau seperti Adma, membuat engkau seperti Zeboim? Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku bangkit serentak. Aku tidak akan melaksanakan murka-Ku yang bernyala-nyala itu, tidak akan membinasakan Efraim kembali. Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Yesaya 12:2-3.4bcd.5-6

Kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.

  • Sungguh, Allah itu keselamatan ku; aku percaya dengan tidak gementar; sebab Tuhan Allah itu kekuatan dan mazmur ku, Ia telah menjadi keselamatanku. maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari air mata keselamatan
  • Bersyukurlah kepada Tuhan, panggilah nama-Nya, beritahukanlah karya-Nya diantara bangsa-bangsa, mashurkanlah bahwa nama-Nya tinggi luhur!
  • Bermazmurlah bagi Tuhanm sebab mulialah karya-Nya; baiklah hal ini diketahui di seluruh bun=mi! Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agaung di tengah-tengahmu!

 

Bacaan Kedua      Efesus Bab 3 : ayat 8 – ayat 12. ayat 14 – ayat 19

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Rasul Paulus Kepada Jemaat di Efesus :

Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu, dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu, supaya sekarang oleh jemaat diberitahukan pelbagai ragam hikmat Allah kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di sorga, sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakan-Nya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. Di dalam Dia kita beroleh keberanian dan jalan masuk kepada Allah dengan penuh kepercayaan oleh iman kita kepada-Nya.
Itulah sebabnya aku sujud kepada Bapa, yang dari pada-Nya semua turunan yang di dalam sorga dan di atas bumi menerima namanya. Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih. Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

Demikianlah sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil         Matius Bab 11 : ayat 29ab

Pikullah kuk yang Kupasang, sabda Tuhan dan berjalanlah pada-Ku, Aku ini lemah lembut dan rendah hati.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 19 : ayat 31 – ayat 37

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes :

Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib?sebab Sabat itu adalah hari yang besar?maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan. Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus; tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air. Dan orang yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya. Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: “Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan.” Dan ada pula nas yang mengatakan: “Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Pada hari ini Gereja merayakan hari raya hati Yesus yang mahakudus. Kita percaya, bagi hati yang penuh belas kasih dan tidak terbatas. Sebagai anak-anaknya, maka Sudah Selayaknya kita juga memohon untuk menjadikan hati kita seperti hati Yesus. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki sebagai seorang manusia, perlu bagi kita untuk memohon rahmat Tuhan agar kita selalu dimampukan untuk memiliki hati yang dapat mencintai dengan tulus.

Seperti kata Santa Theresia dari kalkuta, “jangan biarkan masa lalu mengganggu Anda. Tinggalkan semuanya di dalam Hati Kudus Yesus dan mulai lagi dengan sukacita”.
Kehidupan kita sebagai seorang Kristiani memang tidak ada yang mudah, namun hanya dengan rahmat dan kerahiman Tuhan, kita yakin akan penyertaan Tuhan Yesus dan kita bisa kembali memulai hari dengan sukacita.

 

Yesus kami mohon berikan ketekunan dan kesetiaan pada hati kami agar kami memiliki hati seperti hati kudusmu.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Yesus kami mohon berikan ketekunan dan kesetiaan pada hati kami agar kami memiliki hati seperti hati kudusmu. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 11 Juni 2021