Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 25 Juni 2021

June 23, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 25 Juni 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Jumat, 25 Juni 2021

Bacaan Pertama      Kejadian Bab 17 : ayat 1. ayat 9 – ayat 10. ayat 15 – ayat 22

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Kejadian :

Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: “Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela.
Lagi firman Allah kepada Abraham: “Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun. Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham: “Tentang isterimu Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetapi Sara, itulah namanya. Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya.” Lalu tertunduklah Abraham dan tertawa serta berkata dalam hatinya: “Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?” Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!” Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya. Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar. Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.” Setelah selesai berfirman kepada Abraham, naiklah Allah meninggalkan Abraham.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 128:1-2.3.4-5

Orang yang takwa hidupnya akan diberkatii Tuhan.

  • Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!
    Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!
  • Isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu!
  • Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.
    Kiranya TUHAN memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu,

 

Bait Pengantar Injil          Matius Bab 8 : ayat 17

Yesus memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 8 : ayat 1 – ayat 4

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Setelah Yesus turun dari bukit, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.” Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya. Lalu Yesus berkata kepadanya: “Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Bacaan hari ini menceritakan seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus dan menyembah Yesus. Orang kusta ini meminta kepada Yesus dengan mengatakan “jika Tuan mau….” yang artinya ia memberi pilihan kepada Yesus Apakah Yesus mau mentahirkan iya atau tidak.

Dalam bacaan hari ini, seorang yang kusta ini menyerahkan semua keputusan kepada Yesus. Tidak memaksa Yesus untuk mentahirkan nya.
Seringkali tanpa kita sadari Kita memaksakan doa-doa kita, meminta Tuhan untuk mengabulkan semuanya tanpa mengingat bahwa Tuhan memiliki rencana untuk kita dan rencana Tuhan selalu yang terindah.

Kita perlu semakin berpasrah, menyerahkan semua perkara hidup kita kepada Yesus dan yakin bahwa semua yang diberikan kepada kita adalah yang terbaik.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Terima kasih Tuhan Yesus, kami percaya rancanganmu begitu indah untuk kami. Kami meletakkan seluruh perkara hidup kami ke dalam tanganmu Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 25 Juni 2021