Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 4 Desember 2020

December 3, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 4 Desember 2020

 

Renungan Harian Katolik Jumat, 4 Desember 2020

 

Bacaan Pertama        Yesaya Bab 29 : ayat 17 – ayat 24

Pembacaan dari Kitab Yesaya :

Yes 29:17 Bukankah hanya sedikit waktu lagi, Libanon akan berubah menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan?

Yes 29:18 Pada waktu itu orang-orang tuli akan mendengar perkataan-perkataan sebuah kitab, dan lepas dari kekelaman dan kegelapan mata orang-orang buta akan melihat.

Yes 29:19 Orang-orang yang sengsara akan tambah bersukaria di dalam TUHAN, dan orang-orang miskin di antara manusia akan bersorak-sorak di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel!

Yes 29:20 Sebab orang yang gagah sombong akan berakhir dan orang pencemooh akan habis, dan semua orang yang berniat jahat akan dilenyapkan,

Yes 29:21 yaitu mereka yang begitu saja menyatakan seseorang berdosa di dalam suatu perkara, dan yang memasang jerat terhadap orang yang menegor mereka di pintu gerbang, dan yang mendesak orang benar dengan alasan yang tidak-tidak.

Yes 29:22 Sebab itu beginilah firman TUHAN, Allah kaum keturunan Yakub, Dia yang telah membebaskan Abraham: “Mulai sekarang Yakub tidak lagi mendapat malu, dan mukanya tidak lagi pucat.

Yes 29:23 Sebab pada waktu mereka, keturunan Yakub itu, melihat apa yang dibuat tangan-Ku di tengah-tengahnya, mereka akan menguduskan nama-Ku; mereka akan menguduskan Yang Kudus, Allah Yakub, dan mereka akan gentar kepada Allah Israel;

Yes 29:24 orang-orang yang sesat pikiran akan mendapat pengertian, dan orang-orang yang bersungut-sungut akan menerima pengajaran.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 27:1.4.13-14

Tuhan adalah terang dan keselamatan ku

  • Mzm 27:1 Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?
  • Mzm 27:4 Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.
  • Mzm 27:13 Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!

Mzm 27:14 Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

 

 

Bait Pengantar Injil

Tuhan pasti datang; Ia datang dengan megah dan mata para hamba-Nya akan berseri-seri

 

Bacaan Injil                   Matius Bab 9 : ayat 27 – ayat 31

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Mat 9:27 Ketika Yesus meneruskan perjalanan-Nya dari sana, dua orang buta mengikuti-Nya sambil berseru-seru dan berkata: “Kasihanilah kami, hai Anak Daud.”

Mat 9:28 Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang buta itu kepada-Nya dan Yesus berkata kepada mereka: “Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?” Mereka menjawab: “Ya Tuhan, kami percaya.”

Mat 9:29 Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: “Jadilah kepadamu menurut imanmu.”

Mat 9:30 Maka meleklah mata mereka. Dan Yesuspun dengan tegas berpesan kepada mereka, kata-Nya: “Jagalah supaya jangan seorangpun mengetahui hal ini.”

Mat 9:31 Tetapi mereka keluar dan memasyhurkan Dia ke seluruh daerah itu.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Bacaan kita pada hari ini mengenai orang buta dan atau orang sakit yang disembuhkan oleh Yesus. Mereka semua dapat sembuh bukan karena obat atau papun, tetapi karena mereka telah percaya dengan imannya bahwa mereka dapat sembuh.

Dalam kondisi pandemi saat ini kitapun diminta Yesus untuk percaya dengan iman kita bahwa badai dapat berlalu. Kita juga harus percaya bahwa kita kuat dan mampu melampaui ini. Mungkin memang Tuhan tidak langsung mengabulkan doa kita sekarang, namun dengan usaha kita setiap harinya, Tuhan akan memantau kita akan melihat kita, dan memberikan yang terbaik untuk kita.

 

 

Doa

Tuhan Yesus tumbuhkan lah iman kepercayaan kami agar dengan kepercayaan iman kami, kami dapatmelampaui semua ini dengan penuh sukacita. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 4 Desember 2020