Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 6 Agustus 2021

August 4, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 6 Agustus 2021

Pesta Yesus Menampakan Kemulian-Nya

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Jumat, 6 Agustus 2021

Bacaan Pertama     Daniel Bab 7 : ayat 9 – ayat 10. ayat 13 – ayat 14

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Nubuat Daniel:

Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar; suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab.
Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya. Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  97:1-2.5-6.9

Tuhan adalah Raja, mahatinggi di atas seluruh bumi.

  • TUHAN adalah Raja! Biarlah bumi bersorak-sorak, biarlah banyak pulau bersukacita!
    Awan dan kekelaman ada sekeliling Dia, keadilan dan hukum adalah tumpuan takhta-Nya.
  • Gunung-gunung luluh seperti lilin di hadapan TUHAN, di hadapan Tuhan seluruh bumi.
    Langit memberitakan keadilan-Nya, dan segala bangsa melihat kemuliaan-Nya.
  • Sebab Engkaulah, ya TUHAN, Yang Mahatinggi di atas seluruh bumi, Engkau sangat dimuliakan di atas segala allah.

Bacaan Kedua       2 Petrus Bab 1 : ayat 16 – ayat 19

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Petrus :

Sebab kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia, ketika kami memberitahukan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus sebagai raja, tetapi kami adalah saksi mata dari kebesaran-Nya. Kami menyaksikan, bagaimana Ia menerima kehormatan dan kemuliaan dari Allah Bapa, ketika datang kepada-Nya suara dari Yang Mahamulia, yang mengatakan: “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.” Suara itu kami dengar datang dari sorga, ketika kami bersama-sama dengan Dia di atas gunung yang kudus. Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil   Matius Bab 17 : ayat 5c

Inilah anak yang Kukasihi., kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia

 

Bacaan Injil              Markus Bab 9 : ayat 2 –  ayat 10

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendirian saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka, dan pakaian-Nya sangat putih berkilat-kilat. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang dapat mengelantang pakaian seperti itu. Maka nampaklah kepada mereka Elia bersama dengan Musa, keduanya sedang berbicara dengan Yesus. Kata Petrus kepada Yesus: “Rabi, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.” Ia berkata demikian, sebab tidak tahu apa yang harus dikatakannya, karena mereka sangat ketakutan. Maka datanglah awan menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara: “Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia.” Dan sekonyong-konyong waktu mereka memandang sekeliling mereka, mereka tidak melihat seorangpun lagi bersama mereka, kecuali Yesus seorang diri. Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka, supaya mereka jangan menceriterakan kepada seorangpun apa yang telah mereka lihat itu, sebelum Anak Manusia bangkit dari antara orang mati. Mereka memegang pesan tadi sambil mempersoalkan di antara mereka apa yang dimaksud dengan “bangkit dari antara orang mati.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Bacaan hari ini, Tuhan Yesus yang berubah rupa di atas gunung mengajarkan kita banyak hal dalam merefleksikan renungan ini. Semua perjumpaan dengan Allah, Sang Cinta, yang tercatat di Alkitab, sebagian besar selalu terjadi di atas gunung. Artinya apa? Ini artinya untuk menemukan Cinta, seseorang harus ada effort buat naik tinggi melebihi ego nya. Reaksi Rasul Petrus yang ketakutan dan kebingungan itu, adalah
tanda, bahwa kadang ketika kita nggak mengerti kehadiran Sang Cinta, perjumpaan dan perubahan bisa jadi terasa menakutkan.

Allah sendiri, Sang Cinta, berkenan buat dijumpai, berkenan untuk mengasihi, Perubahan perubahan yang terjadi – seperti Yesus berubah rupa ini – adalah gambaran tentang betapa hebatnya momen perjumpaan dengan Allah, perjumpaan yang dapat mengubah kita menjadi versi terbaik diri kita.

Apakah kita siap untuk mengalami perjumpaan dengan Allah, melampaui ego sendiri, dan menjadi versi terbaik dari kita?

 

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa Yang Maha Pengasih, terimakasih sudah menjadikan Yesus sebagai Roti Hidup, biarlah Engkau yang selalu memenuhi kebutuhan rohani kami, Tuhan. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 6 Agustus 2021