Renungan Harian Katolik Jumat, 9 Juli 2021

  • infokatolik
  • Mar 18, 2024
Renungan Harian Katolik Jumat, 9 Juli 2021

Renungan Harian Katolik Jumat, 9 Juli 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Jumat, 9 Juli 2021

Bacaan Pertama      Kejadian Bab 46 : ayat 1 – ayat 7. ayat 28 – ayat 30

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Kejadian :

Jadi berangkatlah Israel dengan segala miliknya dan ia tiba di Bersyeba, lalu dipersembahkannya korban sembelihan kepada Allah Ishak ayahnya. Berfirmanlah Allah kepada Israel dalam penglihatan waktu malam: “Yakub, Yakub!” Sahutnya: “Ya, Tuhan.” Lalu firman-Nya: “Akulah Allah, Allah ayahmu, janganlah takut pergi ke Mesir, sebab Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar di sana. Aku sendiri akan menyertai engkau pergi ke Mesir dan tentulah Aku juga akan membawa engkau kembali; dan tangan Yusuflah yang akan mengatupkan kelopak matamu nanti.” Lalu berangkatlah Yakub dari Bersyeba, dan anak-anak Israel membawa Yakub, ayah mereka, beserta anak dan isteri mereka, dan mereka menaiki kereta yang dikirim Firaun untuk menjemputnya. Mereka membawa juga ternaknya dan harta bendanya, yang telah diperoleh mereka di tanah Kanaan, lalu tibalah mereka di Mesir, yakni Yakub dan seluruh keturunannya bersama-sama dengan dia. Anak-anak dan cucu-cucunya laki-laki dan perempuan, seluruh keturunannya dibawanyalah ke Mesir.
Yakub menyuruh Yehuda berjalan lebih dahulu mendapatkan Yusuf, supaya Yusuf datang ke Gosyen menemui ayahnya. Sementara itu sampailah mereka ke tanah Gosyen. Lalu Yusuf memasang keretanya dan pergi ke Gosyen, mendapatkan Israel, ayahnya. Ketika ia bertemu dengan dia, dipeluknyalah leher ayahnya dan lama menangis pada bahunya. Berkatalah Israel kepada Yusuf: “Sekarang bolehlah aku mati, setelah aku melihat mukamu dan mengetahui bahwa engkau masih hidup.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 37:3-4.18-19.27-28.39-40

Orang-orang benar akan diselamatkan oleh Tuhan

  • Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia,
    dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.
  • TUHAN mengetahui hari-hari orang yang saleh, dan milik pusaka mereka akan tetap selama-lamanya;
    mereka tidak akan mendapat malu pada waktu kecelakaan, dan mereka akan menjadi kenyang pada hari-hari kelaparan.
  • Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik, maka engkau akan tetap tinggal untuk selama-lamanya;
    sebab TUHAN mencintai hukum, dan Ia tidak meninggalkan orang-orang yang dikasihi-Nya. Sampai selama-lamanya mereka akan terpelihara, tetapi anak cucu orang-orang fasik akan dilenyapkan.
  • Orang-orang benar diselamatkan oleh TUHAN; Ia adalah tempat perlindungan mereka pada waktu kesesakan;
    TUHAN menolong mereka dan meluputkan mereka, Ia meluputkan mereka dari tangan orang-orang fasik dan menyelamatkan mereka, sebab mereka berlindung pada-Nya.

 

Bait Pengantar Injil          Yohanes Bab 16 : ayat 13a; Bab 14 : ayat 26b

Roh kebenaran akan datang dan mengajar kalian segala kebenaran. Ia akan meningkatkan segala yang elah Kunyatakan kepadamu.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 10 : ayat 16 – ayat 23

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

“Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Dengan menjadi murid Kristus, tidak menjamin hidup kita untuk selalu enak, justru kita akan berjumpa dengan berbagai tantangan dan rintangan dalam hidup sehari-hari.

Kita termasuk yang minoritas, tetapi itu bukanlah sebuah penghalang bagi kita untuk mewartakan kasih dan kabar sukacita pada sesama kita. Kita diibaratkan Sebagai seekor domba yang diutus oleh Tuhan kedalam tengah-tengah kawanan Serigala. Kita menjadi target yang paling mudah diserang tetapi kita juga harus tetap kuat dalam iman, kita harus cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati, agar kita tidak terseret dan membuat kita berubah menjadi serigala juga karena tidak bisa mengendalikan hawa nafsu, ego ataupun pergaulan kita.

Kita semua sebagai murid-murid Kristus yang sudah dibaptis mendapatkan tugas perutusan dari Tuhan, yaitu mewartakan kasih, bersukacita Kerajaan Allah pada sesama. Hal hal itu sudah merupakan tugas kita untuk bisa membukakan hati, budi dan pikiran kawanan Serigala itu sehingga mereka mau untuk berubah menjadi domba.

Hal tersebut tidaklah mudah, tetapi itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Oleh sebab itu, siapapun kita, berapapun usia kita dan berapapun jumlah kita, kita harus mau dan berani untuk mewartakan kasih, kabar sukacita Kerajaan Allah pada sesama kemanapun dan dimanapun kita berada, agar kasih, kabar sukacita Kerajaan Allah benar-benar dapat dirasakan oleh semua orang.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Tuhan dampingilah kami selalu dalam perjalanan hidup kami yang tidak mudah ini. Berilah kami selalu kekuatan untuk menghadapi masalah-masalah yang akan kami hadapi di kemudian hari. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *