Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 9 Oktober 2020

October 8, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 9 Oktober 2020

 

Renungan Harian Katolik Jumat, 9 Oktober 2020

Bacaan Pertama     Galatia Bab 3 : ayat 7 – ayat 14

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Galatia:

Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham. Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: “Olehmu segala bangsa akan diberkati.” Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu. Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat.” Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: “Orang yang benar akan hidup oleh iman.” Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya. Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!” Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Demikianlah sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 111:1-2.3-4.5-6

Tuhan selalu ingan akan perjanjian-Nya.

# Aku bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan dalam jemaah. Besar perbuatan-perbuatan TUHAN, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.

# Agung dan bersemarak pekerjaan-Nya, dan keadilan-Nya tetap untuk selamanya. Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan-Nya peringatan; TUHAN itu pengasih dan penyayang. Diberikan-Nya rezeki kepada orang-orang yang takut akan Dia. Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya.

# Kekuatan perbuatan-Nya diberitakan-Nya kepada umat-Nya, dengan memberikan kepada mereka milik pusaka bangsa-bangsa.

 

Bait Pengantar Injil     Yohanes Bab 12 : ayat 31b – ayat 32

Sekarang penguasa dunia ini dibuang ke luar, sabda Tuhan; dan bila aku telah ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang kepada-Ku.

 

Bacaan Injil       Lukas Bab 11 : ayat 15 –  ayat 26

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Tetapi ada di antara mereka yang berkata: “Ia mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, penghulu setan.” Ada pula yang meminta suatu tanda dari sorga kepada-Nya, untuk mencobai Dia. Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: “Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa, dan setiap rumah tangga yang terpecah-pecah, pasti runtuh. Jikalau Iblis itu juga terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri, bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan? Sebab kamu berkata, bahwa Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul. Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu. Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. Apabila seorang yang kuat dan yang lengkap bersenjata menjaga rumahnya sendiri, maka amanlah segala miliknya. Tetapi jika seorang yang lebih kuat dari padanya menyerang dan mengalahkannya, maka orang itu akan merampas perlengkapan senjata, yang diandalkannya, dan akan membagi-bagikan rampasannya. Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.” “Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapih teratur. Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula.”

Demikianlah Injil Tuhan

 

Renungan Singkat

Dalam Injil hari ini, Yesus menegaskan kepada kita bahwa hanya orang yang kuat dan bersenjata lengkap yang dapat menjaga kemanan “rumahnya”. Hal ini dikatakannya sesudah ia mengusir roh yang membisukandari seseorang. Meskipun kita saat ini hidup di zaman yang penuh dengan senjata dan perlindungan yang lengkap dan alat pertahanan yang canggih, hal itu tetap saja tidak berguna dalam menghadapi musuh utama kita. Oleh karena itu, Yesus mngajak kita untuk selalu mendekatkan dan menyatukan diri dengan Tuhan Allah, agar kita memiliki kekuatan sejati untuk melawan musuh kemalasan dan si jahat yang lain. Apabila kita tetap terpisah dari Tuhan dan hanya mengandalkan keombongan dan keamanan palsu probadi, kita akan selalu jatuh dalam godaan dan bahkan keadaan kita menjadi semakin buruk setiap hari. Hanya Yesuslah yang menjadi kekuatan kita untuk dapat mengalahkan segala kuasa roh jahat dan kuasa maut.

Di bulan rosario ini kekuatan doa rosario yang setiap hari di doakan tidak akan menyesatkan.

 

Doa

Tuhan Yesus, buatlah kami selalu ingat dengan-Mu disaat sedih maupun senang.

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 9 Oktober 2020