Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 1 Oktober 2020

October 1, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 1 Oktober 2020

Renunagn harian Katolik Kamis, 1 Oktober 2020

Bacaan Pertama Yesaya Bab 66 : ayat 10 – ayat 14b
Pembacaan dari Kitab Yesaya:

Bersukacitalah bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-soraklah karenanya, hai semua orang yang mencintainya! Bergiranglah bersama-sama dia segirang-girangnya, hai semua orang yang pernah berkabung karenanya! Hendaknya kamu minum susu yang menyegarkan dan menjadi kenyang, hendaknya kamu menghirup dan menikmati susu yang bernas. Sebab beginilah firman Tuhan: Sungguh, Aku mengalirkan kepadanya keselamatan seperti sungai, dan kekayaan bangsa-bangsa seperti batang air yang membanjir. Kamu akan menyusu, akan digendong, dan akan dibelai-belai di pangkuan. Seperti seseorang yang dihibur ibunya, demikianlah kamu akan Kuhibur; kamu akan dihibur di Yerusalem. Apabila kamu melihatnya, hatimu akan girang, dan kamu akan seperti rumput muda yang tumbuh dengan lebat.

Mazmur Tanggapan Mazmur 131:1.2.3

Jagalah aku dalam damai-Mu, ya Tuhan.

# Tuhan, aku tidak tinggi hati,dan tidak memandang dengan sombong; aku tidak mengejar hal-hal yang terlalu besar atau hal-hal yang terlalu ajaib bagiku.
# Sungguh, aku telah menenangkan dan mendiamkan jiwaku; seperti anak yang disapih berbaring dekat ibunya, ya, seperti anak yang disapih jiwaku dalam diriku.
Berharaplah kepada Tuhan, hai Israel, dari sekarang sampai selama-lamanya.
# Bait Pengantar Injil:Mat 11:25
Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi,sebab misteri Kerajaan-Mu Kaunyatakan kepada orang kecil.

Bacaan Injil Matius Bab18 : ayat 1- ayat 5
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga.

Sekali peristiwa datanglah murid-murid kepada Yesus dan bertanya, “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga?” Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka, lalu berkata, “Aku berkata kepadamu: Sungguh, jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Surga. Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku,ia menyambut Aku.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan Singkat

Bacaan Injil pada hari ini mengajak kita untuk mempunyai hati kembali seperti anak kecil. Anak kecil yang seperti apa? Yang jelas bukan sifat yang childish loh ya. Tuhan menginginkan kita menjadi anak kecil yang polos, mudah memaafkan atau tidak memendam, patuh, tekun dan pantang menyerah menghadapi hal baru dan apa adanya.

Hari ini bertepatan juga dengan pesta Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus, perawan dan pelindung misi. Santa Theresia mengajarkan untuk menghidupi hubungan bersama Tuhan dengan menjadi anak kecil di hadapan-Nya dan percaya kepada kasih setia-Nya secara sederhana. Seperti anak kecil yang sangat mangidolakan ke dua orang tuanya. Begitupula kita yang mengidolakan Tuhan Allah kita.

Doa

Ya Bapa, semoga kami dapat menjalani hidup dengan senang hati seorang anak yang berani dibentuk dalam kesulitan sehari-hari dengan sederhana bersama Allah. Amin.

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 1 Oktober 2020