Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 12 November 2020

November 11, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 12 November 2020

 

Renungan Harian Katolik Kamis, 12 November 2020

 

Bacaan Pertama       Filemon Bab 1 : ayat 7 – ayat 20

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Filemon:

Flm 1:7 Dari kasihmu sudah kuperoleh kegembiraan besar dan kekuatan, sebab hati orang-orang kudus telah kauhiburkan, saudaraku.

Flm 1:8 Karena itu, sekalipun di dalam Kristus aku mempunyai kebebasan penuh untuk memerintahkan kepadamu apa yang harus engkau lakukan,

Flm 1:9 tetapi mengingat kasihmu itu, lebih baik aku memintanya dari padamu. Aku, Paulus, yang sudah menjadi tua, lagipula sekarang dipenjarakan karena Kristus Yesus,

Flm 1:10 mengajukan permintaan kepadamu mengenai anakku yang kudapat selagi aku dalam penjara, yakni Onesimus

Flm 1:11 ?dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku.

Flm 1:12 Dia kusuruh kembali kepadamu?dia, yaitu buah hatiku?.

Flm 1:13 Sebenarnya aku mau menahan dia di sini sebagai gantimu untuk melayani aku selama aku dipenjarakan karena Injil,

Flm 1:14 tetapi tanpa persetujuanmu, aku tidak mau berbuat sesuatu, supaya yang baik itu jangan engkau lakukan seolah-olah dengan paksa, melainkan dengan sukarela.

Flm 1:15 Sebab mungkin karena itulah dia dipisahkan sejenak dari padamu, supaya engkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya,

Flm 1:16 bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih dari pada hamba, yaitu sebagai saudara yang kekasih, bagiku sudah demikian, apalagi bagimu, baik secara manusia maupun di dalam Tuhan.

Flm 1:17 Kalau engkau menganggap aku temanmu seiman, terimalah dia seperti aku sendiri.

Flm 1:18 Dan kalau dia sudah merugikan engkau ataupun berhutang padamu, tanggungkanlah semuanya itu kepadaku?

Flm 1:19 aku, Paulus, menjaminnya dengan tulisan tanganku sendiri: Aku akan membayarnya?agar jangan kukatakan: “Tanggungkanlah semuanya itu kepadamu!” ?karena engkau berhutang padaku, yaitu dirimu sendiri.

Flm 1:20 Ya saudaraku, semoga engkau berguna bagiku di dalam Tuhan: Hiburkanlah hatiku di dalam Kristus!

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 146:7.8-9a.9bc-10

Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong.

  • Mzm 146:7 yang menegakkan keadilan untuk orang-orang yang diperas, yang memberi roti kepada orang-orang yang lapar. TUHAN membebaskan orang-orang yang terkurung,
  • Mzm 146:8 TUHAN membuka mata orang-orang buta, TUHAN menegakkan orang yang tertunduk, TUHAN mengasihi orang-orang benar.

Mzm 146:9 TUHAN menjaga orang-orang asing,

  • Mzm 146:9 TUHAN  anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya.

Mzm 146:10 TUHAN itu Raja untuk selama-lamanya, Allahmu, ya Sion, turun-temurun! Haleluya!

 

Bait Pengantar Injil      Yohanes Bab 15 : ayat 5

Akulah pokok anggur, kalian ranting-rantingnya, sabda Tuhan. Tinggallah beserta-Ku, maka Aku tinggal bersertamu, dan kalian akan berbuah banyak.

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 17 : ayat 20 – ayat 25

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 17:20 Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: “Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah,

Luk 17:21 juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu.”

Luk 17:22 Dan Ia berkata kepada murid-murid-Nya: “Akan datang waktunya kamu ingin melihat satu dari pada hari-hari Anak Manusia itu dan kamu tidak akan melihatnya.

Luk 17:23 Dan orang akan berkata kepadamu: Lihat, ia ada di sana; lihat, ia ada di sini! Jangan kamu pergi ke situ, jangan kamu ikut.

Luk 17:24 Sebab sama seperti kilat memancar dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain, demikian pulalah kelak halnya Anak Manusia pada hari kedatangan-Nya.

Luk 17:25 Tetapi Ia harus menanggung banyak penderitaan dahulu dan ditolak oleh angkatan ini.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Kerajaan Allah yang hadir diantara kita, itulah yang diungkapkan dalam Injil hari ini. Kerajaan Allah yang kita ketahui akan hadir sewaktu kebangkitan. Tetapi dalam kondisi saat ini, kita juga dapat mengalami Kerajaan Allah, yaitu situasi dimana Allah meraja dalam hati kita.

Tuhan Yesus membawa misi Kerajaan Allah. Kerajan Allah yang dimaksud adalah kebebasan manusia dari belenggu dosa, kesakitan, kematian, kelaparan dan segala macam persoalan hidup manusia. Kebebasan itu membuat manusia masuk kedalam ketaatan dan kebersatuan kehendak Tuhan Kerajaan Allah akan meraja dalam hati kita.

Cara agar dapat mengalami Kerajaan Allah sangat sederhana, yaitu persatukan hidup doa dengan hidup karya kita. Karena terkadang kita hanya ingat Tuhan saat berdoa saja, saat berkarya merasa berjuang sendiri. Kita melupakan karya Ilahi ketika mengandalkan karya jasmani. Mari kita persembahkan pekerjaan sebagai karunia, hidup keseharian kita sebagai tangan Tuhan. Jangan lelah berusaha dalam jasmani sembari berharap dalam rohani akan karya ilahi.

Doa

Tuhan Yesus bantulah kami untuk selalu mengandalkan Mu dalam setiap karya kami. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 12 November 2020