Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 15 November 2020

November 14, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 15 November 2020

Renungan Harian Katolik Minggu, 15 November 2020

 

Bacaan Pertama       Amsal Bab 31 : ayat 10 – ayat 13. ayat 19 – ayat 20. ayat 30 – ayat 31

Pembacaan dari Kitab Amsal:

Ams 31:10 Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.

Ams 31:11 Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.

Ams 31:12 Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya.

Ams 31:13 Ia mencari bulu domba dan rami, dan senang bekerja dengan tangannya.

Ams 31:19 Tangannya ditaruhnya pada jentera, jari-jarinya memegang pemintal.

Ams 31:20 Ia memberikan tangannya kepada yang tertindas, mengulurkan tangannya kepada yang miskin.

Ams 31:30 Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

Ams 31:31 Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang!

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 128:1-2.3.4-5

Berbahagialah orang takwa kepada Tuhan.

  • Mzm 128:1 Nyanyian ziarah. Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!

Mzm 128:2 Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!

  • Mzm 128:3 Isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu!
  • Mzm 128:4 Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.
  • Mzm 128:5 Kiranya TUHAN memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu,

 

Bacaan Kedua       1 Tesalonika Bab 5 : ayat 1 – ayat 6

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Tesalonika:

1Tes 5:1 Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu,

1Tes 5:2 karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.

1Tes 5:3 Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman?maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin?mereka pasti tidak akan luput.

1Tes 5:4 Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri,

1Tes 5:5 karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan.

1Tes 5:6 Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar.

Demikianlah sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Yohanes Bab 15 : ayat 4a. ayat 5b

Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu, sabda Tuhan. Barang siapa tinggal di dalam Aku dan Aku didalam dia, ia berbuah banyak.

 

Bacaan Injil                   Matius Bab 25 : ayat 14 – ayat 30

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Mat 25:14 “Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.

Mat 25:15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.

Mat 25:16 Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta.

Mat 25:17 Hamba yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta.

Mat 25:18 Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya.

Mat 25:19 Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka.

Mat 25:20 Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta.

Mat 25:21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Mat 25:22 Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba dua talenta.

Mat 25:23 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Mat 25:24 Kini datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu dan berkata: Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam.

Mat 25:25 Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan!

Mat 25:26 Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam?

Mat 25:27 Karena itu sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya.

Mat 25:28 Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu.

Mat 25:29 Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

Mat 25:30 Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Bacaan hari ini mengingatkan kita untuk selalu menyadari dan selalu mengucap syukur atas apa yang telah diberikan kepada kita selama hidup ini. Bacaan pertama mengajak kita untuk takut akan Tuhan, agar nantinya kita dapat hadiah indah dari Tuhan, karena telah mengikuti ajaran Tuhan.

Dalam bacaan kedua mengingatkan kita bahwa kita adalah anak terang, anak siang yang akan memberi penerangan bagi diri sendiri maupun orang lain. Begitu juga masa depan kita yang terang. Maka dari itu saat gelap dan malam hari kita diminta untuk tidur, dan sebelum tidur hendaknya kita berjaga-jaga dengan cara berdoa sebelum tidur.

Dan dalam bacaan injil yang sering kita dengan tentang perumpamaan talenta, kita diminta untuk selalu bersyukur atas apa yang diberikan, jangan minder dan jangan gengsi untuk menunjukan ke orang soal talenta kita seberapapun besar atau kecilnya talenta kita,  dan jangan lupa untuk berbagi ilmu tentang talenta yang kita miliki karena itu merupakn salah satu ucapan syukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus.

 

Doa

Ya Bapa, terimakasih atas rahmat-Mu yang tak pernah henti kau berikan kepada kami, semoga kami dapat selalu memuliakan Engkau dengan talenta yang kami miliki. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 15 November 2020