Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 21 Februari 2021

February 19, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 21 Februari 2021

Hari Minggu Prapaskah I

 

Renungan harian katolik untuk hari ini, marilah kita bersiap diri dan mempersiapkan diri untuk membaca kitab suci yang sudah dipersiapkan daam renungan harian katolik hari ini.

Renungan Harian Katolik Minggu, 21 Februari 2021

 

Bacaan Pertama        Kejadian Bab 9 : ayat 8 – ayat 15

Renungan harian katolik hari ini Pembacaan dari Kitab Kejadian  :

Berfirmanlah Allah kepada Nuh dan kepada anak-anaknya yang bersama-sama dengan dia: “Sesungguhnya Aku mengadakan perjanjian-Ku dengan kamu dan dengan keturunanmu, dan dengan segala makhluk hidup yang bersama-sama dengan kamu: burung-burung, ternak dan binatang-binatang liar di bumi yang bersama-sama dengan kamu, segala yang keluar dari bahtera itu, segala binatang di bumi. Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi.” Dan Allah berfirman: “Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, yang bersama-sama dengan kamu, turun-temurun, untuk selama-lamanya: Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi. Apabila kemudian Kudatangkan awan di atas bumi dan busur itu tampak di awan, maka Aku akan mengingat perjanjian-Ku yang telah ada antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, segala yang bernyawa, sehingga segenap air tidak lagi menjadi air bah untuk memusnahkan segala yang hidup.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur25:4bc-ab.6-7ab.8-9

Segala jalan-Mu, ya Tuhan adalah kasih setia dan kebenaran

  • Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku.
    Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari.
  • Ingatlah segala rahmat-Mu dan kasih setia-Mu, ya TUHAN, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala.
    Dosa-dosaku pada waktu muda dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu, oleh karena kebaikan-Mu, ya TUHAN.
  • TUHAN itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat.
    Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati.

 

Bacaan Kedua        1 Petrus Bab 3 : ayat 18 – ayat 22

Renungan harian katolik Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus  :

Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh, dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara, yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu. Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan–maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah oleh kebangkitan Yesus Kristus, yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga sesudah segala malaikat, kuasa dan kekuatan ditaklukkan kepada-Nya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Matius Bab 4 : ayat 4b

Manusia bukan hidup dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.

 

Bacaan Injil               Markus Bab 1 : ayat 12 – ayat 15

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun. Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia. Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Melalui bacaan pada renungan harian katolik saat ini kita diajak untuk menyadari betapa Tuhan sungguh mengasihi kita melalui kesempatan yang Ia berikan kepada kita. Sekalipun kita sering berbuat dosa yang tidak mengenakan hati Yesus namun Ia tetap mengasihi kita dengan ketulusan. Itulah kenapa Tuhan selalu memberikan kesempatan bagi kita agar menajadi lebih baik dan hidup dalam dekapan kasih-Nya dengan cara bertobat, membersihkan diri senantiasa percaya kepada Tuhan. Dalam prosesnya tentu kita akan mengalami banyak godaan, yang perlu kita pelajari dari Yesus adalah Ia mampu melawan godaan dan Yesus mengundang kita untuk mengalami hal yang sama dan yang dapat kita wujudkan dengan bertobat dan percaya pada injil.

KArena kita sudah memasuki masa prapaskah dan waktu yang pas juga bagi kita untuk membenahi diri dengan memanfaatkan kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita untuk memperbaiki diri. Maka, sebaiknya kita juga memanfaatkan dengan baik kesempatahn yang Tuhan berikan kepada kita.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, terimakasih karena selalu mencintai kami, bimbinglah kami seslalu dalam masa prapaskah ini agar menggunakan waktu dengan baik untuk memperbaiki diri kami. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut kumpulan doa.

semoga doa doa dari renungan harian katolik membantu anda.

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 21 Februari 2021