Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 22 November 2020

November 21, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 22 November 2020

Renungan Harian Katolik Minggu, 22 November 2020

 

Bacaan Pertama       Yehezkiel Bab 34 : ayat 11 – ayat 12. ayat 15 – ayat 17

Pembacaan dari Nubuat Yehezkiel :

Yeh 34:11 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH: Dengan sesungguhnya Aku sendiri akan memperhatikan domba-domba-Ku dan akan mencarinya.

Yeh 34:12 Seperti seorang gembala mencari dombanya pada waktu domba itu tercerai dari kawanan dombanya, begitulah Aku akan mencari domba-domba-Ku dan Aku akan menyelamatkan mereka dari segala tempat, ke mana mereka diserahkan pada hari berkabut dan hari kegelapan.

Yeh 34:15 Aku sendiri akan menggembalakan domba-domba-Ku dan Aku akan membiarkan mereka berbaring, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Yeh 34:16 Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya.

Yeh 34:17 Dan hai kamu domba-domba-Ku, beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku akan menjadi hakim di antara domba dengan domba, dan di antara domba jantan dan kambing jantan.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 23:1-2a.2b-3.5-6

Tuhanlah Gembalaku, aku takkan berkekurangan

  • Mzm 23:1 Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Mzm 23:2 Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau

  • Mzm 23:2 Ia membimbing aku ke air yang tenang;

Mzm 23:3 Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

  • Mzm 23:5 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

Mzm 23:6 Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

 

Bacaan Kedua       1 Korintus Bab 15 : ayat 20 – ayat 26a. ayat 28

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus :

1Kor 15:20 Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.

1Kor 15:21 Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.

1Kor 15:22 Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.

1Kor 15:23 Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya.

1Kor 15:24 Kemudian tiba kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan.

1Kor 15:25 Karena Ia harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakkan semua musuh-Nya di bawah kaki-Nya.

1Kor 15:26 Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut.

1Kor 15:28 Tetapi kalau segala sesuatu telah ditaklukkan di bawah Kristus, maka Ia sendiri sebagai Anak akan menaklukkan diri-Nya di bawah Dia, yang telah menaklukkan segala sesuatu di bawah-Nya, supaya Allah menjadi semua di dalam semua.

Demikianlah sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Markus Bab 11 : ayat 9. ayat 10

Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan.

Diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud.

 

Bacaan Injil                   Matius Bab 25 : ayat 14 – ayat 30

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Mat 25:31 “Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.

Mat 25:32 Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing,

Mat 25:33 dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.

Mat 25:34 Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.

Mat 25:35 Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan;

Mat 25:36 ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.

Mat 25:37 Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum?

Mat 25:38 Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian?

Mat 25:39 Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau?

Mat 25:40 Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

Mat 25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.

Mat 25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum;

Mat 25:43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku.

Mat 25:44 Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau?

Mat 25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.

Mat 25:46 Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Bacaaninjil pada hari ini menampilkan tentang figur seorang raja atau pemimpin. Bagaimana harusnya pemimpin itu? pemimpin harus bisa memberi arah, harus bisa jadi pembicara yang baik, harus bisa jadi agen perubahan karena dari masa ke masa pemimpin itu orangnya berbeda, jadi harus ada perubahan tiap masanya, dan juga harus bisa memimpin dan melatih anggotanya dengan baik agar menjadi satu wadah yang baik pula. Perlu diingat pula pemimpin yang sejati itu harus memiliki semangat dalam memimpin menuju kasih persaudaraan, keadilan dan kesejahteraan.

Melalui Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam ini kita di tantang untuk mewujudnyatakan tugas sebagai nabi, imam dan raja atau bisa dibilang pemimpin melalui kesaksian dan  perbuatan baik, kepada mereka yang sakit, terpenjara, gelandangan, para pengangguran, pengungsi dan mereka yang terkucilkan. Menjadi seorang pembela kebenaran dan pembawa suka cita bagi yang tertindas.

Fun fact, sebetulnya kita dalah pemimpim, karena ketika punya inisiatif dan orang lain ingin meniru kita, kita sudah bisa di bilang sebgai pemimpin.

 

Doa

Ya Bapa, semoga kami memiliki keberanian untuk mengungkapkan kebenaran dan untuk mengikuti jejak Kristus, agar kami pun dapat ambil bagian dalam membangun kerajaan Allah ditengah dunia. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 22 November 2020