Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 25 Oktober 2020

October 24, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 25 Oktober 2020

Renungan Harian Katolik Minggu, 25 Oktober 2020

 

Bacaan Pertama       Keluaran Bab 22 : ayat 21 – ayat 27

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Keluaran:

Kel 22:21 “Janganlah kau tindas atau kau tekan seorang orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir.

Kel 22:22 Seseorang janda atau anak yatim janganlah kamu tindas.

Kel 22:23 Jika engkau memang menindas mereka ini, tentulah Aku akan mendengarkan seruan mereka, jika mereka berseru-seru kepada-Ku dengan nyaring.

Kel 22:24 Maka murka-Ku akan bangkit dan Aku akan membunuh kamu dengan pedang, sehingga isteri-isterimu menjadi janda dan anak-anakmu menjadi yatim.

Kel 22:25 Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang dari umat-Ku, orang yang miskin di antaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai seorang penagih hutang terhadap dia: janganlah kamu bebankan bunga uang kepadanya.

Kel 22:26 Jika engkau sampai mengambil jubah temanmu sebagai gadai, maka haruslah engkau mengembalikannya kepadanya sebelum matahari terbenam,

Kel 22:27 sebab hanya itu saja penutup tubuhnya, itulah pemalut kulitnya? Pakai apakah ia pergi tidur? Maka apabila ia berseru-seru kepada-Ku, Aku akan mendengarkannya, sebab Aku ini pengasih.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 18:2-3a.3bc-4.47.51ab

Aku mengasihi Engkau, ya Allah, kekuatanku.

Mzm 18:2 (18-3) Ya TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku!

Mzm 18:3 (18-4) Terpujilah TUHAN, seruku; maka akupun selamat dari pada musuhku.

Mzm 18:3 (18-4) Terpujilah TUHAN, seruku; maka akupun selamat dari pada musuhku.

Mzm 18:4 (18-5) Tali-tali maut telah meliliti aku, dan banjir-banjir jahanam telah menimpa aku,

Mzm 18:47 (18-48) Allah, yang telah mengadakan pembalasan bagiku, yang telah menaklukkan bangsa-bangsa ke bawah kuasaku,

 

Bacaan Kedua       1 Tesalonika Bab 1 : ayat 1 – ayat 5

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Efesus:

1Tes 1:5 Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh. Memang kamu tahu, bagaimana kami bekerja di antara kamu oleh karena kamu.

1Tes 1:6 Dan kamu telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan; dalam penindasan yang berat kamu telah menerima firman itu dengan sukacita yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

1Tes 1:7 sehingga kamu telah menjadi teladan untuk semua orang yang percaya di wilayah Makedonia dan Akhaya.

1Tes 1:8 Karena dari antara kamu firman Tuhan bergema bukan hanya di Makedonia dan Akhaya saja, tetapi di semua tempat telah tersiar kabar tentang imanmu kepada Allah, sehingga kami tidak usah mengatakan apa-apa tentang hal itu.

1Tes 1:9 Sebab mereka sendiri berceritera tentang kami, bagaimana kami kamu sambut dan bagaimana kamu berbalik dari berhala-berhala kepada Allah untuk melayani Allah yang hidup dan yang benar,

1Tes 1:10 dan untuk menantikan kedatangan Anak-Nya dari sorga, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati, yaitu Yesus, yang menyelamatkan kita dari murka yang akan datang.

Demikianlah sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Yohanes Bab 14 : ayat 23

Jika seseorang mngasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia, Kami akan datang kepadanya dan diam bersama dengan dia.

 

Bacaan Injil                   Matius Bab 22 : ayat 34 – ayat 40

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Mat 22:34 Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka

Mat 22:35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:

Mat 22:36 “Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?”

Mat 22:37 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Mat 22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

Mat 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Mat 22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Dan lagi bacaan injil kali ini mengajarkan tentang kasih dan mengasihi. Tak pernah bosan Tuhan Yesus selalu mengajarkan kepada kita apa itu kasih dan Yesus pun sampai mempraktikannya agar kita betul-betul paham apa itu kasih dan kita pu  turut mempraktikan kasih atau mengasihi kepada siapapun tanpa terkecuali, terutama pada yang lemah. Sama seperti bacaan pertama jika kita tidak menerapkan kasih kepada orang janda dan yatim, maka kita bisa merasakan apa rasanya menjadi orang janda dan yatim yang tertindas. Maka dari itu Tuhan meminta untuk mengasihi kapanpun dan kepada siapapun tanpa terkecuali, supaya Tuhan juga mengasihi kita, karena kasih itu lemah lembut dan murah hati.

 

Doa

Ya Bapa, janganlah pernah bosan mengajarkan kami tetang kasih. Biarlah kami terus belajar dari Engkau yang selalu mengasihi karena Engkau adalah pengasih. Amin

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 25 Oktober 2020