Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 6 Desember 2020

December 5, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 6 Desember 2020

Renungan Harian Katolik Minggu, 6 Desember 2020

 

Bacaan Pertama       Yesaya Bab 40 : ayat 1 – ayat 5. ayat 9 – ayat 11

Pembacaan dari Kitab Yesaya :

Yes 40:1 Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku, demikian firman Allahmu,

Yes 40:2 tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali lipat karena segala dosanya.

Yes 40:3 Ada suara yang berseru-seru: “Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!

Yes 40:4 Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran;

Yes 40:5 maka kemuliaan TUHAN akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama; sungguh, TUHAN sendiri telah mengatakannya.”

Yes 40:9 Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: “Lihat, itu Allahmu!”

Yes 40:10 Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.

Yes 40:11 Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 85:9ab-10.11-12.13-14

Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan, dan berilah kami keselamatan yang dari pada-Mu

  • Mzm 85:9 (85-10) Sesungguhnya keselamatan dari pada-Nya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita.
  • Mzm 85:10 (85-11) Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan bercium-ciuman.

Mzm 85:11 (85-12) Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan menjenguk dari langit.

  • Mzm 85:12 (85-13) Bahkan TUHAN akan memberikan kebaikan, dan negeri kita akan memberi hasilnya.

Mzm 85:13 (85-14) Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan akan membuat jejak kaki-Nya menjadi jalan.

 

Bacaan Kedua       2 Petrus Bab 3 : ayat 8 – ayat 14

Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Petrus :

2Ptr 3:8 Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.

2Ptr 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

2Ptr 3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

2Ptr 3:11 Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup

2Ptr 3:12 yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.

2Ptr 3:13 Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.

2Ptr 3:14 Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.

Demikianlah sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Lukas Bab 3 : ayat 4. ayat 6

Siapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya dan semua orang akan melihat keselamatan dari Tuhan.

 

Bacaan Injil                   Markus Bab 1 : ayat 1 – ayat 8

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Mrk 1:1 Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.

Mrk 1:2 Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: “Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu;

Mrk 1:3 ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya”,

Mrk 1:4 demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu.”

Mrk 1:5 Lalu datanglah kepadanya orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengaku dosanya mereka dibaptis di sungai Yordan.

Mrk 1:6 Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.

Mrk 1:7 Inilah yang diberitakannya: “Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak.

Mrk 1:8 Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Pengkhotbah pada masa adven yaitu Yesaya dan Yohanes pembabtis dalam bacaan kali ini sama-sama menyerukan “persiapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskan jalan bagi-Nya.”. Maksud dari konteks itu adalah kita diminta untuk mempersiapkan tata hati kita akan kehadiran Tuhan dalam hari kita. Kita diminta untuk bertobat.

Bertobat adalah sebuah proses perubahan menjadi yang lebih baik. Pertobatan kita anggap sebagai aplikasi, namunaplikasi yang perlu di update setiap harinya, sering ada pembaharuan setiap harinya. Maksudnya adalah, pertobatan itu menuntut orang untuk berani memuai lagi, sambil mengasah harapan kepada Allah yang selalu sabar dan menunggu pertobatan kita. Selain itu perlu kita ingat bahwa pertobatan yang benar tidak cukup jika hanya berupa niat, tapi pertobatan yang benar adalah yang mampu menghasilkan buah yang baik.

 

Doa

Ya Bapa, semoga kami melakukan pertobatan seperti kepompong yang mengubah ulat menjadi kupu-kupu, mengubah hal yang tak mudah menjadi indah dan mampu memaklumi teman menghadapi perbedaan. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 6 Desember 2020