Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 14 Juli 2021

July 13, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 14 Juli 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 14 Juli 2021

Bacaan Pertama      Keluaran Bab 3 : ayat 1 – ayat 6. ayat 9 – ayat 12

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Keluaran :

Adapun Musa, ia biasa menggembalakan kambing domba Yitro, mertuanya, imam di Midian. Sekali, ketika ia menggiring kambing domba itu ke seberang padang gurun, sampailah ia ke gunung Allah, yakni gunung Horeb. Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api. Musa berkata: “Baiklah aku menyimpang ke sana untuk memeriksa penglihatan yang hebat itu. Mengapakah tidak terbakar semak duri itu?” Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: “Musa, Musa!” dan ia menjawab: “Ya, Allah.” Lalu Ia berfirman: “Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus.” Lagi Ia berfirman: “Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.” Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.
Sekarang seruan orang Israel telah sampai kepada-Ku; juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka. Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.” Tetapi Musa berkata kepada Allah: “Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?” Lalu firman-Nya: “Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 103:1-2.3-4.6-7

Tuhan itu pengsih dan penyayang

  • Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!
    Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!
  • Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,
    Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat,
  • TUHAN menjalankan keadilan dan hukum bagi segala orang yang diperas.
    Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, perbuatan-perbuatan-kepada orang Israel.

 

Bait Pengantar Injil          Mtius Bab 11 : ayat 25

Terpujilah Engkau, Bapa, Tuhan langit dan bumi, sebab misteri kerajaan Kaunyatakan kepada orang kecil.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 11 : ayat 25 –  ayat 27

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Belajar dari bacaan Injil pada hari ini, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah bersyukur. Karena kita telah diberi banyak rahmat oleh Tuhan. Segala keindahan yang ada dalam hidup kita bukanlah hasil karya kita sendiri, mainkan karya Tuhan yang memulainya. Bersyukur pula kita belajar untuk melihat keindahan Tuhan, terutama dalam hal kecil yang jarang diperhatikan.

Seperti contoh, tanaman hias yang berada di suatu sudut terlihat diam saja jika kita melihatnya hanya sekilas, tidak banyak yang dilakukannya kecuali menambah keindahan di sudut itu.
Namun, kehadiran tanaman hias itu bukan tanpa arti. Kita perlu melihatnya kembali betapa indahnya tanaman hias tersebut. Bagaimana ia mampu membentuk pola-pola indah pada daunnya itu, ingin menunjukkan hasil mahakarya penciptanya yaitu Yesus Kristus.

Jadilah kecil untuk jadi besar bagi Tuhan.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau telah membuat kami indah. Bantulah kami dalam mengolah keindahan kami agar kami mampu hidup selaras dengan engkau. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 14 Juli 2021