Renungan Harian Katolik Rabu, 24 Maret 2021

  • infokatolik
  • Apr 15, 2024
Renungan Harian Katolik Rabu, 24 Maret 2021

Renungan Harian Katolik Rabu, 24 Maret 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 24 Maret 2021

Bacaan Pertama      Daniel Bab 3 : ayat 14 – ayat 20. ayat 24 – ayat 25. ayat 28

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Nubuat Daniel :

berkatalah Nebukadnezar kepada mereka: “Apakah benar, hai Sadrakh, Mesakh dan Abednego, bahwa kamu tidak memuja dewaku dan tidak menyembah patung emas yang kudirikan itu? Sekarang, jika kamu bersedia, demi kamu mendengar bunyi sangkakala, seruling, kecapi, rebab, gambus, serdam dan berbagai-bagai jenis bunyi-bunyian, sujudlah menyembah patung yang kubuat itu! Tetapi jika kamu tidak menyembah, kamu akan dicampakkan seketika itu juga ke dalam perapian yang menyala-nyala. Dan dewa manakah yang dapat melepaskan kamu dari dalam tanganku?” Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: “Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini. Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.” Maka meluaplah kegeraman Nebukadnezar, air mukanya berubah terhadap Sadrakh, Mesakh dan Abednego; lalu diperintahkannya supaya perapian itu dibuat tujuh kali lebih panas dari yang biasa. Kepada beberapa orang yang sangat kuat dari tentaranya dititahkannya untuk mengikat Sadrakh, Mesakh dan Abednego dan mencampakkan mereka ke dalam perapian yang menyala-nyala itu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      T. Daniel 3:52.53.54.55.56

  • Terpujilah Engkau, Tuhan, Allah leluhur kami

U : Kepada-Mulah pujian selama segala abad.

  • Terpujilah nama-Mu yang mulia dan kudus

U : Kepada-Mulah pujian selama segala abad.

  • Terpujilah Engkau dalam Bait-Mu yang mulia dan kudus.

U : Kepada-Mulah pujian selama segala abad.

  • Terpujilah Engkau diatas takhta kerajaan-Mu

U : Kepada-Mulah pujian selama segala abad.

  • Terpujilah Engkau yang mendugai samudera raya

U : Kepada-Mulah pujian selama segala abad.

  • Terpujilah Engkau di bentangan langit.

U : Kepada-Mulah pujian selama segala abad.

Bait Pengantar Injil       Lukas Bab 8 : ayat 15

Berbahagialah orang yang menyimpan sabda Allah dan dalam hati yang baik dan menghasilkan buah dalam ketekunan.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 8 : ayat 31 – ayat 42

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes :

Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” Jawab mereka: “Kami adalah keturunan Abraham dan tidak pernah menjadi hamba siapapun. Bagaimana Engkau dapat berkata: Kamu akan merdeka?” Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa. Dan hamba tidak tetap tinggal dalam rumah, tetapi anak tetap tinggal dalam rumah. Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.” “Aku tahu, bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha untuk membunuh Aku karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu. Apa yang Kulihat pada Bapa, itulah yang Kukatakan, dan demikian juga kamu perbuat tentang apa yang kamu dengar dari bapamu.” Jawab mereka kepada-Nya: “Bapa kami ialah Abraham.” Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau sekiranya kamu anak-anak Abraham, tentulah kamu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh Abraham. Tetapi yang kamu kerjakan ialah berusaha membunuh Aku; Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, yaitu kebenaran yang Kudengar dari Allah; pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham. Kamu mengerjakan pekerjaan bapamu sendiri.” Jawab mereka: “Kami tidak dilahirkan dari zinah. Bapa kami satu, yaitu Allah.” Kata Yesus kepada mereka: “Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Jika kita ingat kembali pada saat pembaptisan kita,  ada sebuah pertanyaan iman,  yaitu ”percayakah  Saudara akan Allah, Bapa yang maha kuasa, kita langit dan bumi?”  lalu kita menjawab,  “ya, kami percaya.”

Saat kita menjawab jawaban itu berarti kita telah mempercayai Allah secara penuh dan menjadikan Allah sebagai Bapa kita.  lalu apa yang membuat kita masih ragu dan khawatir akan kehidupan kita kedepannya nanti?

Pada hari ini mengingatkan kita kembali akan pembaptisan kita.  jikalau Allah adalah bapa kita,  maka sudah seharusnya kita mengasihi Tuhan Yesus yang telah menebus menyelamatkan kita umat manusia.

Mungkin di saat kita mengalami suatu pencobaan,  kita dikuasai oleh sifat kedagingan kita sehingga kita lupa bahwa di saat suka maupun duka,  Tuhan senantiasa ada beserta kita dan menuntun kita selama-lamanya. 

Oleh sebab itu,  sudah sepatutnya kita mempercayakan seluruh hidup kita kepada Tuhan dan belajar untuk semakin mengasihi Tuhan seperti yang telah Ia berikan kepada kita.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, berilah kami rahmat-Mu selalu agar diri kami selalu dikelilingi dengan kasih setia-Mu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *