Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 29 September 2021

September 28, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 29 September 2021

Pesta Santo Mikael, Gabriel, Rafael, Malaikat Agung

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 29 September 2021

Bacaan Pertama     Daniel Bab 7 : ayat 9 –  ayat 10. ayat 13 – ayat 14

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Nubuat Daniel :

Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar; suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab. Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya. Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  138:1-2a.2bc-3.4-5

Di hadapan para dewata aku akan bermazmur bagi-Mu, ya Tuhan.

  • Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hatiku, di hadapan para allah aku akan bermazmur bagi-Mu.
    Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.
  • Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.
    Pada hari aku berseru, Engkaupun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.
  • Semua raja di bumi akan bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, sebab mereka mendengar janji dari mulut-Mu;
    mereka akan menyanyi tentang jalan-jalan TUHAN, sebab besar kemuliaan TUHAN.

 

Bait Pengantar Injil          Mazmur Bab 103 : ayat 21

Pujilah Tuhan, hai segala tentara-Nya, meuliakanlah Dia, hai para hamba yang melakukan kehendak-Nya.

 

Bacaan Injil             Yohanes Bab 1 : ayat 47 – ayat 51

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes :

Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Allah memandang kita Sebelum kita mencari Allah. Segala sesuatu yang kita kerjakan kapan saja dan dimana saja diketahui oleh Allah. Meskipun Iman Natanael belum sempurna dalam agamanya yang lama, namun dengan hati yang tulus dan kerinduan akan kebenaran Yesus, maka Yesus memanggilnya untuk menjadi murid Yesus. Cara Yesus memanggil Natanael tidak secara langsung tetapi melalui perantaraan dari Filipus.

Panggilan menjadi umat Kristiani ataupun panggilan hidup membiara, terkadang terjadi secara langsung melalui Kerinduan Hati Yang Terdalam. Namun ada kalanya juga panggilan tersebut memerlukan figur tertentu seperti para pastor, frather dan suster untuk membimbing menghantar dan lain sebagainya. Santo Filipus ketika berjumpa dengan Yesus, dia memperkenalkan Yesus kepada Natanael dan kemudian mengantarnya untuk bertemu kepada Yesus.

Demikian juga dengan 3 tugas yang diberikan saat kita dibaptis, sebagai orang beriman, kita juga diutus untuk mewartakan Injil melalui kesaksian hidup kita. Oleh karena itu, kita perlu datang dan melihat yang berarti bagi kita adalah bertemu dengan Tuhan dalam sakramen sakramen dan kehidupan rohani agar mendapatkan keselamatan dari Allah.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Yesus, bukalah mata hati dan pikiran kami untuk selalu terbuka terhadap segala panggilanmu melalui perantara siapapun, biarkanlah kami semakin dekat dengan yesus. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 29 September 2021