Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 3 Februari 2021

February 1, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 3 Februari 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 3 Februari 2021

 

Bacaan Pertama        Ibrani Bab 3 : ayat 1 – ayat 4

Pembacaan dari Surat kepada Orang Ibrani untuk renungan harian katolik hari ini :

Dalam pergumulan kamu melawan dosa kamu belum sampai mencucurkan darah. Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: “Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya; karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak.” Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya?
Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya. sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh. Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan. Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 103:1-2.13-14.17-18a

Kekal abadilah kasih setia Tuhan atas orang yang takwa.

  • Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!

Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!

  • Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.

Sebab Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat, bahwa kita ini debu.

  • Tetapi kasih setia TUHAN dari selama-lamanya sampai selama-lamanya atas orang-orang yang takut akan Dia, dan keadilan-Nya bagi anak cucu,

bagi orang-orang yang berpegang pada perjanjian-Nya

 

Bait Pengantar Injil     Yohanes Bab 10 : ayat 27

Domba-domba-Ku emndengar suara-Ku, sabda Tuhan.  Aku mengenal mereka, dan mereka mengikuti aku

 

Bacaan Injil               Markus Bab 6 : ayat 1 – ayat 6

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Kemudian Yesus berangkat dari situ dan tiba di tempat asal-Nya, sedang murid-murid-Nya mengikuti Dia. Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: “Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya? Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?” Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: “Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya.” Ia tidak dapat mengadakan satu mujizatpun di sana, kecuali menyembuhkan beberapa orang sakit dengan meletakkan tangan-Nya atas mereka. Ia merasa heran atas ketidakpercayaan mereka. (6-6b) Lalu Yesus berjalan keliling dari desa ke desa sambil mengajar.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Banyak orang yang tinggal di daerah Yesus hidup yang tidak percaya kepada Yesus. Maka dari itu, di Nazareth tidak terjadi mukjizat yang signifikan. dari cerita singkat kita diajak untuk senantiasa prcaya kepada Yesus juga berharap agar hal-hal yang baik terjadi pada kita. Pada kenyatannya mungkin kita hirup terasa berat dan tidak ada harapan lagi bahkan terkadang ingin menyerah.

Kita harus bangkit, memutar otak kita dan memihon rahmat Tuhan agar mampu mengatasi segala hal yang berat selama perjalanan hidup kita. Tidak hanya hal berat juga, namun hal yang ringan juga perlu mengandalkan Yesus, agar penuh dengan kebaikan. Dengan perjuangan kita dan menaruh iman yang kuat, semoga Tuhan memberikan berkat dan mujizatnya yang signifikan kepada kita manusia yang percaya kepada Tuhan.

Seperti Yesus yang ditolak dan nabi0nabi yang ditolak, mereka tetap melakukan kerya penyelamatan Tuhan. Kita pun juga harus mencontoh mereka. Selagi yang masih kita perjuangakan adaah kebaikan kita harus terus semangat dan bangkit juga menjadi berkat bagi orang banyak.

Doa Renungan Harian Katolik Hari Ini

Ya Allah, berilah kami kekuatan selalu agar kami terbiasa akan penolakan, dan peolakan mmampu menjadikan kami semangat dalam berbuat baik. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 3 Februari 2021