Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 6 Oktober 2021

October 3, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 6 Oktober 2021

PF Santo Bruno

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 6 Oktober 2021

Bacaan Pertama     Yunus Bab 4 : ayat 1 –  ayat 11

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Nubuat Yunus :

Tetapi hal itu sangat mengesalkan hati Yunus, lalu marahlah ia. Dan berdoalah ia kepada TUHAN, katanya: “Ya TUHAN, bukankah telah kukatakan itu, ketika aku masih di negeriku? Itulah sebabnya, maka aku dahulu melarikan diri ke Tarsis, sebab aku tahu, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia serta yang menyesal karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya. Jadi sekarang, ya TUHAN, cabutlah kiranya nyawaku, karena lebih baik aku mati dari pada hidup.” Tetapi firman TUHAN: “Layakkah engkau marah?” Yunus telah keluar meninggalkan kota itu dan tinggal di sebelah timurnya. Ia mendirikan di situ sebuah pondok dan ia duduk di bawah naungannya menantikan apa yang akan terjadi atas kota itu. Lalu atas penentuan TUHAN Allah tumbuhlah sebatang pohon jarak melampaui kepala Yunus untuk menaunginya, agar ia terhibur dari pada kekesalan hatinya. Yunus sangat bersukacita karena pohon jarak itu. Tetapi keesokan harinya, ketika fajar menyingsing, atas penentuan Allah datanglah seekor ulat, yang menggerek pohon jarak itu, sehingga layu. Segera sesudah matahari terbit, maka atas penentuan Allah bertiuplah angin timur yang panas terik, sehingga sinar matahari menyakiti kepala Yunus, lalu rebahlah ia lesu dan berharap supaya mati, katanya: “Lebih baiklah aku mati dari pada hidup.” Tetapi berfirmanlah Allah kepada Yunus: “Layakkah engkau marah karena pohon jarak itu?” Jawabnya: “Selayaknyalah aku marah sampai mati.” Lalu Allah berfirman: “Engkau sayang kepada pohon jarak itu, yang untuknya sedikitpun engkau tidak berjerih payah dan yang tidak engkau tumbuhkan, yang tumbuh dalam satu malam dan binasa dalam satu malam pula. Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 86:3-4.5-6.9-10

Engkaulah Allah, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia

  • Engkau adalah Allahku, kasihanilah aku, ya Tuhan, sebab kepada-Mulah aku berseru sepanjang hari.
    Buatlah jiwa hamba-Mu bersukacita, sebab kepada-Mulah, ya Tuhan, kuangkat jiwaku.
  • Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu.
    Pasanglah telinga kepada doaku, ya TUHAN, dan perhatikanlah suara permohonanku.
  • Segala bangsa yang Kaujadikan akan datang sujud menyembah di hadapan-Mu, ya Tuhan, dan akan memuliakan nama-Mu.
    Sebab Engkau besar dan melakukan keajaiban-keajaiban; Engkau sendiri saja Allah.

 

Bait Pengantar Injil       Roma Bab 8 : ayat 15

Kalian akan menerima Roh-roh pengangkatan menjadikan anak; dalam Roh itu akan berseru. ‘Abba, ya Bapa’

 

Bacaan Injil             Lukas Bab 11 : ayat 1 – ayat 4

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: “Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku.” Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Allah melihat perbuatan orang-orang di kota Niniwe, yang tadinya akan ditunggang balikan. Allah kita adalah Allah yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia supaya setiap orang bisa bersatu dengan Tuhan dan diselamatkan.

Kita diajak untuk mampu melihat bahwa Allah mengasihi bangsa-bangsa lain yang dalam hal ini bisa digambarkan sebagai sesama kita. Kitapun harus mampu melakukan hal yang sama yaitu mengasihi dan merangkul mereka.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Allah, semoga kasih-Mu dapat turun dalam diri kami, agar kami mampu menebarkan kasih setia Allah kepada banyak orang. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 6 Oktober 2021