Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Sabtu, 13 Maret 2021

March 12, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Sabtu, 13 Maret 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Sabtu, 13 Maret 2021

Bacaan Pertama       Hosea Bab 6 : ayat 1 – ayat 6

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Hosea :

“Mari, kita akan berbalik kepada TUHAN, sebab Dialah yang telah menerkam dan yang akan menyembuhkan kita, yang telah memukul dan yang akan membalut kita. Ia akan menghidupkan kita sesudah dua hari, pada hari yang ketiga Ia akan membangkitkan kita, dan kita akan hidup di hadapan-Nya. Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.” Apakah yang akan Kulakukan kepadamu, hai Efraim? Apakah yang akan Kulakukan kepadamu, hai Yehuda? Kasih setiamu seperti kabut pagi, dan seperti embun yang hilang pagi-pagi benar. Sebab itu Aku telah meremukkan mereka dengan perantaraan nabi-nabi, Aku telah membunuh mereka dengan perkataan mulut-Ku, dan hukum-Ku keluar seperti terang. Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 51:3-4.18-19.20.21ab

Aku menyukai kasih setia, dan bukan kurban sembelihan

  • Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar!
    Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!
  • Sebab Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan; sekiranya kupersembahkan korban bakaran, Engkau tidak menyukainya.
    Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.
  • Lakukanlah kebaikan kepada Sion menurut kerelaan hati-Mu bangunkanlah tembok-tembok Yerusalem!
    Maka Engkau akan berkenan kepada korban yang benar, korban bakaran dan korban yang terbakar seluruhnya; maka orang akan mengorbankan lembu jantan di atas mezbah-Mu.

Bait Pengantar Injil    Mazmur Bab 95 : ayat 8ab

Pada hari ini, kalau kamu mendengar suara Tuhan, janganlah bertegar hati.

 

Bacaan Injil              Lukas Bab 18 : ayat 9 – ayat 14

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Dan kepada beberapa orang yang menganggap dirinya benar dan memandang rendah semua orang lain, Yesus mengatakan perumpamaan ini: “Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai. Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini; aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku. Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini. Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Kita semua pasti pernah mendapat hukuman sewaktu masih berada di bangku sekolah. Berbagai jenis dan tipe hukuman kita rasakan karena suatu kesalahan kita. Maksud guru menghukum adalah menginginkan kita manjdi orang yang berhasil dan belajar dari kesalahannya untuk mememperbaiki dirinya dan menjadi manusia yang baik. Demikian juga Tuhan Allah kita. Tuhan Allah terus mendidik kita umat manusia agar menjadi sama seperti-Nya. kembali pada Allah yang benar.

Nabi Hosea memberi gambaran yang jelas bagaimana Allah adalah Bapa dan Guru kita. Ajakan [ada bacaan hari ini merupakan suatu ajakan agar kita kembali kepada jalan yang seharusnya. Allah tidak akan membiarkan kita jatuh kedalam dosa, Allah akan menegur, menghukum dan membawa kita kembali agar tetap dapat bersama dengan Dia. Merendahkan diri dan belajar dari sang Guru sejati, mengenal-Nya dan kembali kepada-Nya. Itulah yang harus kita lakukan selama hidup ini.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, berikanlah kami rahmat agar kami selalu menyadari akan cinta-Mu kepada kami, sehingga hati kami tersadar pula untuk kembali mencintai Engkau. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Sabtu, 13 Maret 2021