Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Sabtu, 15 Mei 2021

May 12, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Sabtu, 15 Mei 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Sabtu, 15 Mei 2021

Bacaan Pertama      Kisah Para Rasul Bab 18 : ayat 23 – ayat 28

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kisah Para Rasul.

Setelah beberapa hari lamanya ia tinggal di situ, ia berangkat pula, lalu menjelajahi seluruh tanah Galatia dan Frigia untuk meneguhkan hati semua murid. Sementara itu datanglah ke Efesus seorang Yahudi bernama Apolos, yang berasal dari Aleksandria. Ia seorang yang fasih berbicara dan sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci. Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes. Ia mulai mengajar dengan berani di rumah ibadat. Tetapi setelah Priskila dan Akwila mendengarnya, mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah. Karena Apolos ingin menyeberang ke Akhaya, saudara-saudara di Efesus mengirim surat kepada murid-murid di situ, supaya mereka menyambut dia. Setibanya di Akhaya maka ia, oleh kasih karunia Allah, menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang yang percaya. Sebab dengan tak jemu-jemunya ia membantah orang-orang Yahudi di muka umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Mesias.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 47:2-3.8-9.10

Allah adalah Raja seluruh bumi!

  • Sebab TUHAN, Yang Mahatinggi, adalah dahsyat, Raja yang besar atas seluruh bumi.
    Ia menaklukkan bangsa-bangsa ke bawah kuasa kita, suku-suku bangsa ke bawah kaki kita,
  • llah memerintah sebagai raja atas bangsa-bangsa, Allah bersemayam di atas takhta-Nya yang kudus.
  • Para pemuka bangsa-bangsa berkumpul sebagai umat Allah Abraham. Sebab Allah yang empunya perisai-perisai bumi; Ia sangat dimuliakan.

 

Bait Pengantar Injil         Yohanes Bab 16 : ayat 28

Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; kini Aku meninggalkan dunia lagi dan pergi kepada Bapa.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 16 : ayat 23b – ayat 28

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Pada hari ini Yesus mengajak kita melihat ajakan-Nya yang terlihat klise yaitu untuk meminta apa saja dalam nama-Nya. Tentu yang ada dipikiran kita adalah “wah, asik boleh minta apa saja pasti dikasih nih.” Ada pula yang berpikir “permintaan aky yang kemarin-kemarin saja belum dijawab, lalu ini maksudnya apa ya?”

Perlu kitalihat lebih jauh apa yang Yesus maksudkan lewat bacaan-Nya hari ini. Meminta melalui-Nya bukan semata agar semua permohonan kita dilkabulkan. Bapa mengajak kita untuk meneladani sikap dan kepribadian Putera-Nya yaitu meminta agar Kehendak Bapa yang terjadi, seperti dalam peristiwa Getsemani. Bapa mengajak kita memiliki sikap berserah akan apa yang Dia inginkan dan kehendaki dalam kehidupan kita. Maka dari itu, untuk mengenali apa yang menajadi kehendak-Nya, Dia mengajari kita Doa Bapa Kami, dan mengajar kita untuk belajar mengenal kehendak Bapa terlebih dahulu dan memintanya dalam doa-doa kita.

Kita harus terus membangun suatu kebiasaan baru untuk terus belajar mengenal kehendak-Nya terlebih dahulu, kemudian menyelaraskan dengan kehendak kita, dan meminta menurut kehendak-Nya agar segala proses kehidupan kita senantiasa hanya untuk kemuliaan nama-Nya.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Bapa, terimakasih atas ajaran doa-Mu yang isinya begitu lengkap. Kami mohon mampukan kami membenahi diri agar nantinya kami juga mampu menyelaraskan sesuai dengan kehendak-Mu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Sabtu, 15 Mei 2021