Renungan Harian Katolik Sabtu, 27 Februari 2021

  • infokatolik
  • May 17, 2024
Renungan Harian Katolik Sabtu, 27 Februari 2021

Renungan Harian Katolik Sabtu, 27 Februari 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Sabtu, 27 Februari 2021

Bacaan Pertama       Ulangan Bab 26 : ayat 16 – ayat 19

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Ulangan :

“Pada hari ini TUHAN, Allahmu, memerintahkan engkau melakukan ketetapan dan peraturan ini; lakukanlah semuanya itu dengan setia, dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu. Engkau telah menerima janji dari pada TUHAN pada hari ini, bahwa Ia akan menjadi Allahmu, dan engkaupun akan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada ketetapan, perintah serta peraturan-Nya, dan mendengarkan suara-Nya. Dan TUHAN telah menerima janji dari padamu pada hari ini, bahwa engkau akan menjadi umat kesayangan-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu, dan bahwa engkau akan berpegang pada segala perintah-Nya, dan Iapun akan mengangkat engkau di atas segala bangsa yang telah dijadikan-Nya, untuk menjadi terpuji, ternama dan terhormat. Maka engkau akan menjadi umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu, seperti yang dijanjikan-Nya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 119:1-2.4-5.7-8

Berbahagialah orang yang hidup menurut taurat Tuhan.

  • Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat TUHAN.
    Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati,
  • Engkau sendiri telah menyampaikan titah-titah-Mu, supaya dipegang dengan sungguh-sungguh.
    Sekiranya hidupku tentu untuk berpegang pada ketetapan-Mu!
  • Aku akan bersyukur kepada-Mu dengan hati jujur, apabila aku belajar hukum-hukum-Mu yang adil.
    Aku akan berpegang pada ketetapan-ketetapan-Mu, janganlah tinggalkan aku sama sekali.

Bait Pengantar Injil    2 Korintus Bab 6 : ayat 2b

Waktu ini adalah waktu perkenanan. Hari ini adalah hari penyelamatan.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 5 : ayat 43 – ayat 48

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Membenci dan mengasihi merupakan dua hal yang bertolak belakang. Mungkin terkadang kita merasaka keberatan untuk mengasihi musuh kita, tetapi Allah justru mengajak kita untuk bisa mengasihi dan berdoa untuk musuh kita.

Pada bacaan renungan harian katolik hari ini kita sebagai anak-anak Allah diajarkan untuk mengasihi musuh dan mendoakannya. Dalam bacaan juga disebutkan bahwa dengan mengasihi dan berdoa bagi yang benar dan tidak benar. Artinya adalah Allah ingin kita menusia untuk berperilaku yang sama baiknya kepada orang yang berbuat baik dan juga yang jahat kepada kita. Sama seperti yang Allah lakukan.

Ketika kita dihadapkan dengan orang yang jahat pada kita, kita memiliki dua pilihan, membencinya atau memaafkan dan mengasihinya. Kebencian yang kita pendam akan mendatangkan kerugian bagi diri kita sendiri. Namun jika kita memilih pilihan yang kedua kita akan mendatangkan kedamaian bagi diri kita sendiri juga diri musuh itu di tambah diri orang-orang lain yang ada di sekitar kita. Perlu kita ingat juga bahwa Tuhan menerbitkan matahari bagi orang jahat dan orang baik.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, berilah kami damai selalu, mampukan kami untuk mengasihi sesama kami yang menjahati kami, berilah kami hati yang lapang. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *