Renungan Harian Katolik Sabtu, 7 Agustus 2021

  • infokatolik
  • Jun 22, 2024
Renungan Harian Katolik Sabtu, 7 Agustus 2021

Renungan Harian Katolik Sabtu, 7 Agustus 2021

Pesta Santo Kayetanus, Santo Sistus II

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Sabtu, 7 Agustus 2021

Bacaan Pertama     Ulangan Bab 6 : ayat 4 – ayat 13

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Ulangan :

Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu. Maka apabila TUHAN, Allahmu, telah membawa engkau masuk ke negeri yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepadamu?kota-kota yang besar dan baik, yang tidak kaudirikan; rumah-rumah, penuh berisi berbagai-bagai barang baik, yang tidak kauisi; sumur-sumur yang tidak kaugali; kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun, yang tidak kautanami?dan apabila engkau sudah makan dan menjadi kenyang, maka berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan TUHAN, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan. Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  18:2-4.47.51ab

Aku mengasihi Engkau, ya Tuhan, kekuatanku

  • TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku!
    Terpujilah TUHAN, seruku; maka akupun selamat dari pada musuhku.
  • Terpujilah TUHAN, seruku; maka akupun selamat dari pada musuhku.
    Tali-tali maut telah meliliti aku, dan banjir-banjir jahanam telah menimpa aku,
  • Allah, yang telah mengadakan pembalasan bagiku, yang telah menaklukkan bangsa-bangsa ke bawah kuasaku,

Bait Pengantar Injil   2 Timotius Bab 1 : ayat 10b

Penebus kita Yesus Kristus telah membinasakan maut dan menerangi hidup dengan Injil.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 17 : ayat 14-  ayat 20

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya kembali kepada orang banyak itu, datanglah seorang mendapatkan Yesus dan menyembah, katanya: “Tuhan, kasihanilah anakku. Ia sakit ayan dan sangat menderita. Ia sering jatuh ke dalam api dan juga sering ke dalam air. Aku sudah membawanya kepada murid-murid-Mu, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya.” Maka kata Yesus: “Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!” Dengan keras Yesus menegor dia, lalu keluarlah setan itu dari padanya dan anak itupun sembuh seketika itu juga. Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: “Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?” Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, ?maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Pada Injil hari ini berkisah, ada seorang bapak membawa anaknya yang sakit ayan kepada Yesus, karna para murid Yesus tidak bisa
menyembuhkannya, Yesus menegur mereka atas ketidak percayaan kepada kuasa Allah. Terlebih lagi kepada para murid yang selalu bersama-Nya saat la berbuat sebuah mukjizat, mereka hanya percaya akan kuasa Allah, namun mereka tidak, masih belum mengimaninya sepenuh hati. Beriman berarti percaya kepada Tuhan dengan sepenuh hati tanpa keraguan sedikitpun.

Sudah sepantasnyalah kita untuk percaya sepenuhnya kepada Tuhan, karna la sendiri pun percaya sepenuhnya kepada kehendak Bapa-Nya, la tidak ragu untuk mengurbankan nyawa- Nya demi keselamatan kita. Oleh sebab itu, marilah kita percayakan hidup kita sepenuhnya kepada Tuhan, kita tidak boleh ragu lagi akan kuasa Tuhan dan selalu mengandalkan Tuhan dalam hidup kita. Jika mengalami kegagalan, itu tidak apa-apa, yang terpenting adalah “Do the best and let god do the rest”

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, kami percaya Engkau dapat membimbing iman kami selalu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *