Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 2 Maret 2021

February 27, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 2 Maret 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Selasa, 2 Maret 2021

Bacaan Pertama       Yesaya Bab 1 : ayat 10. ayat 16 – ayat 20

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Yesaya :

Dengarlah firman TUHAN, hai pemimpin-pemimpin, manusia Sodom! Perhatikanlah pengajaran Allah kita, hai rakyat, manusia Gomora!
Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat, belajarlah berbuat baik; usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam; belalah hak anak-anak yatim, perjuangkanlah perkara janda-janda! Marilah, baiklah kita berperkara! –firman TUHAN–Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu. Tetapi jika kamu melawan dan memberontak, maka kamu akan dimakan oleh pedang.” Sungguh, TUHAN yang mengucapkannya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 50:8-9.16bc-17.21.23

Orang yang jujur jalannya, akan menyaksikan keselamatan yang datang dari Allah.

  • Bukan karena korban sembelihanmu Aku menghukum engkau; bukankah korban bakaranmu tetap ada di hadapan-Ku?
    Tidak usah Aku mengambil lembu dari rumahmu atau kambing jantan dari kandangmu,
  • Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku, dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu,
    padahal engkaulah yang membenci teguran, dan mengesampingkan firman-Ku?
  • Itulah yang engkau lakukan, tetapi Aku berdiam diri; engkau menyangka, bahwa Aku ini sederajat dengan engkau. Aku akan menghukum engkau dan membawa perkara ini ke hadapanmu.
  • Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya.”

Bait Pengantar Injil     Yehezkiel Bab 18 : ayat 31

Buanglah daripadamu segala durhaka yang kamu buat terhadap-Ku, dan perbaharuilah hati serta rohmu.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 23 : ayat 1 – ayat 12

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: “Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya. Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang; mereka suka duduk di tempat terhormat dalam perjamuan dan di tempat terdepan di rumah ibadat; mereka suka menerima penghormatan di pasar dan suka dipanggil Rabi. Tetapi kamu, janganlah kamu disebut Rabi; karena hanya satu Rabimu dan kamu semua adalah saudara. Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga. Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias. Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Merendahkan diri bukanlah rendah diri. Merendahkan diri berarti membiarkan diri kita berada di tempat yang lebih rendah dari orang lain, kita terbuka dengan kekurangan diri kita dan tidak memandang kekurangan orang lain. Merendahkan diri berarti bergantung penuh pada kekuatan Tuhan. Seperti contoh, Yesus yang juga merendahkan diri-Nya dan menjadi sama dengan kita manusia, namun kemudian Allah meninggikan-Nya.

Bagaimana keadaan kita hari ini? Apakah kita sedang mengalami perlakuan kurang menyenangkan? Apakah kita dihina, diremehkan, dan direndahkan? Kita dianggap tidak lebih baik dibanding orang lain, tidak kompeten, tidak lebih suci dibanding orang lain? Bergantunglah hanya pada Allah, sehingga hidup kita berjalan sesuai dengan kehendak-Nya. Allah menghendaki kita untuk merendahkan diri dihadapan-Nya, agar Ia membentuk kita menjadi semakin berharga. Merendahkan diri itu juga merupakan suatu proses di mana kita akan ditinggikan. Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya nanti.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Tuhan, jagalah lidah, hati, pikiran juga perbuatan kami untuk menghakimi sesama agar tidak menjadi congkak. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 2 Maret 2021