Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 21 September 2021

September 20, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 21 September 2021

Pesta Santo Matius

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Selasa, 21 September 2021

Bacaan Pertama     Efesus Bab 4 : ayat 1 –  ayat 7. ayat 11 – ayat 13

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Efesus :

Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu. Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua. Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus.
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  19:2-3.4-5

Diseluruh bumi bergemalah suara mereka

  • hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam.
    Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar;
  • tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari,
    yang keluar bagaikan pengantin laki-laki yang keluar dari kamarnya, girang bagaikan pahlawan yang hendak melakukan perjalanannya.

Bait Pengantar Injil

Allah, Tuhan kami, Engkau kami puji dan kami muliakan. Kepada-Mu paduan para rasul bersyukur

 

Bacaan Injil             Lukas Bab 8 : ayat 16 – ayat 18

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya. Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: “Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?” Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Lagi-lagi dengan tak bosan-bosannya Yesus mengingatkan kita dalam bacaan Injil hari ini. Dalam kutipan injil tertulis bahwa Yesus ingin makan dengan seorang pendosa. Mungkin hal ini aneh dimata kita.

Ada sebuah kisah tentang Matius yang kita rayakan pestanya pada hari ini. Matius adalah seorang pemungut cukai dan sangat dibenci oleh masyarakat. Tetapi ketika Yesus lewat di depan rumah orang itu, Yesus mengatakan :ikutlah Aku”, tetapi hal tersebut sangat membuat bingung Matius, karena orang itu dijauhi oleh masyarakat. Namun Yesus dengan ketulusannya ingin menggunakan Cukai itu sebagai alat perpanjangan tangan kasih Tuhan.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, jadikanlah kami alat-Mu yang mampu menyalurkan segala kebaikan-Mu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 21 September 2021