Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 13 September 2021

September 13, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 13 September 2021

Pesta Wajib Santo Yohanes Kristoforus

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Senin, 13 September 2021

Bacaan Pertama     1 Timotius Bab 2 : ayat 1 –  ayat 8

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Timotius  :

Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan. Untuk kesaksian itulah aku telah ditetapkan sebagai pemberita dan rasul?yang kukatakan ini benar, aku tidak berdusta?dan sebagai pengajar orang-orang bukan Yahudi, dalam iman dan kebenaran. Oleh karena itu aku ingin, supaya di mana-mana orang laki-laki berdoa dengan menadahkan tangan yang suci, tanpa marah dan tanpa perselisihan.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  28:2.7.8-9

Terpujilah Tuhan, sebab Ia telah mendegarkan doa permohonanku.

  • Dengarkanlah suara permohonanku, apabila aku berteriak kepada-Mu minta tolong, dan mengangkat tanganku ke arah tempat-Mu yang maha kudus.
  • TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.
  • TUHAN adalah kekuatan umat-Nya dan benteng keselamatan bagi orang yang diurapi-Nya!
    Selamatkanlah kiranya umat-Mu dan berkatilah milik-Mu sendiri, gembalakanlah mereka dan dukunglah mereka untuk selama-lamanya.

 

Bait Pengantar Injil    Yohanes Bab 3 : ayat 16

Begitu besar kasih Allah kepada dunia, sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal. Setiap orang yang percaya akan Dia, memiliki hidup abadi.

 

Bacaan Injil             Lukas Bab 7 : ayat 1 – ayat 10

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Setelah Yesus selesai berbicara di depan orang banyak, masuklah Ia ke Kapernaum. Di situ ada seorang perwira yang mempunyai seorang hamba, yang sangat dihargainya. Hamba itu sedang sakit keras dan hampir mati. Ketika perwira itu mendengar tentang Yesus, ia menyuruh beberapa orang tua-tua Yahudi kepada-Nya untuk meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkan hambanya. Mereka datang kepada Yesus dan dengan sangat mereka meminta pertolongan-Nya, katanya: “Ia layak Engkau tolong, sebab ia mengasihi bangsa kita dan dialah yang menanggung pembangunan rumah ibadat kami.” Lalu Yesus pergi bersama-sama dengan mereka. Ketika Ia tidak jauh lagi dari rumah perwira itu, perwira itu menyuruh sahabat-sahabatnya untuk mengatakan kepada-Nya: “Tuan, janganlah bersusah-susah, sebab aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku; sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya.” Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: “Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!” Dan setelah orang-orang yang disuruh itu kembali ke rumah, didapatinyalah hamba itu telah sehat kembali.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Pada hari ini kita belajar dari Perwira yang peduli pada hambanya. Ketika ada hambanya yang sakit, ia meminta kepada Yesus untuk datang dan menyembuhkan hamba itu.

Walau sang Perwira merasa tidak pantas untuk menyambut Yesus yang ingi datang dan menyambuhkan hambanya itu, namun, ketidakpantasan dan iman yang dimiliki oleh Perwira tersebut membuahkan mukjizat.

Perwira ini mengajarkan kita seua tentang rendah hati, kasihnya tidak dibangun berdasarkan dari status sosial dan ekonominya, dan meskipun status sosialnya tinggi ia tetap merasa bahwa ia tidak pantas untuk menjamu Yesus. Hidupnya pun juga membuktikan bahwa tidak cukup hanya untuk dirinya sendiri, tetapi hidupnya juga harus mampu menyelamatkan sesamanya.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, ajarlah kami untuk selalu rendah hati sama seperti Perwira itu, agar kami mampi menyebarkan kasih-Mu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 13 September 2021