Renungan Harian Katolik Senin, 14 Desember 2020

  • infokatolik
  • Mar 14, 2024
Renungan Harian Katolik Senin, 14 Desember 2020

Renungan Harian Katolik Senin, 14 Desember 2020

 

Renungan Harian Katolik Senin, 14 Desember 2020

 

Bacaan Pertama        Bilangan Bab 24 : ayat 2 – ayat 7. ayat 15 – ayat 17a

Pembacaan dari Kitab Bilangan:

Bil 24:2 Ketika Bileam memandang ke depan dan melihat orang Israel berkemah menurut suku mereka, maka Roh Allah menghinggapi dia.

Bil 24:3 Lalu diucapkannyalah sanjaknya, katanya: “Tutur kata Bileam bin Beor, tutur kata orang yang terbuka matanya;

Bil 24:4 tutur kata orang yang mendengar firman Allah, yang melihat penglihatan dari Yang Mahakuasa sambil rebah, namun dengan mata tersingkap.

Bil 24:5 Alangkah indahnya kemah-kemahmu, hai Yakub, dan tempat-tempat kediamanmu, hai Israel!

Bil 24:6 Sebagai lembah yang membentang semuanya; sebagai taman di tepi sungai; sebagai pohon gaharu yang ditanam TUHAN; sebagai pohon aras di tepi air.

Bil 24:7 Air mengalir dari timbanya, dan benihnya mendapat air banyak-banyak. Rajanya akan naik tinggi melebihi Agag, dan kerajaannya akan dimuliakan.

Bil 24:15 Lalu diucapkannyalah sanjaknya, katanya: “Tutur kata Bileam bin Beor, tutur kata orang yang terbuka matanya;

Bil 24:16 tutur kata orang yang mendengar firman Allah, dan yang beroleh pengenalan akan Yang Mahatinggi, yang melihat penglihatan dari Yang Mahakuasa, sambil rebah, namun dengan mata tersingkap.

Bil 24:17 Aku melihat dia, tetapi bukan sekarang; aku memandang dia, tetapi bukan dari dekat; bintang terbit dari Yakub, tongkat kerajaan timbul dari Israel, dan meremukkan pelipis-pelipis Moab, dan menghancurkan semua anak Set.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 25:4bc-5ab.6-7bc.8-9

Tunjukanlah lorong-lorong Mu kepadaku, ya Tuhan.

  • Mzm 25:4 Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku.

Mzm 25:5 Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari.

  • Mzm 25:6 Ingatlah segala rahmat-Mu dan kasih setia-Mu, ya TUHAN, sebab semuanya itu sudah ada sejak purbakala.

Mzm 25:7 Dosa-dosaku pada waktu muda dan pelanggaran-pelanggaranku janganlah Kauingat, tetapi ingatlah kepadaku sesuai dengan kasih setia-Mu, oleh karena kebaikan-Mu, ya TUHAN.

  • Mzm 25:8 TUHAN itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat.

Mzm 25:9 Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati.

 

Bait Pengantar Injil       Mazmur Bab 85 : ayat 8

Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan, dan berilah kamu keselamatan-Mu

 

Bacaan Injil                  Matius Bab 21 : ayat 23 – ayat 27

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Mat 21:23 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah, dan ketika Ia mengajar di situ, datanglah imam-imam kepala serta tua-tua bangsa Yahudi kepada-Nya, dan bertanya: “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu?”

Mat 21:24 Jawab Yesus kepada mereka: “Aku juga akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu dan jikalau kamu memberi jawabnya kepada-Ku, Aku akan mengatakan juga kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.

Mat 21:25 Dari manakah baptisan Yohanes? Dari sorga atau dari manusia?” Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: “Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata kepada kita: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya?

Mat 21:26 Tetapi jikalau kita katakan: Dari manusia, kita takut kepada orang banyak, sebab semua orang menganggap Yohanes ini nabi.”

Mat 21:27 Lalu mereka menjawab Yesus: “Kami tidak tahu.” Dan Yesuspun berkata kepada mereka: “Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Perkembangan teknologi masa kini, juga dapat memicu perkembangan sosial media yang kian berkembang. Dalam sosial media banyak yang menganggap bahwa sosial media merupakan tempat untuk semua orang yang bebas berpendapat, bebas berkreasi, bebas membeli like atau comment atau bahkan mem-block atau report orang yang mengganggu halaman sosial media kita. Hal tersebut bukan merupakan hal yang buruk, namun, apabila tidak melihat dengan sehat, bisa jadi kita salah menilai.

Kebebasan berpendapat merupakan hal yang wajar, namun sering kita tidak menggunakannya dengan baik. Akhirnya ujaran kebencian, prasangka dan tindakan gibah menyertai perilaku kita dalam menggunakan kebebasan pendapat itu. Bahkan tanpa kita sadari kita dapat berlaku demikian dengan Tuhan kita sendiri. Tanpa kita sadari kita pernah menilai Tuhan dan mengkrik Tuhan sendiri.

Pada bacaan kali ini terdapat dialog yang memperdebatkan darimanakah Yesus itu. Dan dalam percakapan itu mereka menunjukan dengan ketegaran hati mereka menolak Yesus dan tidak mengakui keberadaan Yesus yang sudah mereka terima selama ini. Kebebasan kita dalam berpendapat terkadang kita gunakan untuk membenarkan perilaku kita yang sebetulnya salah. Maka dari itu kita harus belajar mengakui keberadaan dan memilihnya, sehingga kita kelak dapat menyambut kelahiran Kristus dalam hati kita.

 

 

Doa

Tuhan Yesus, semoga di dunia yang semakin berkembang ini kami dapat menggunakan teknologi dengan baik dan benar tidak mengunakan kebebasan berpendapat untuk membela pendapat yang salah. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *