Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 22 Februari 2021

February 19, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 22 Februari 2021

Pesta Tkhta Santo Petrus, Rasul

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Senin, 22 Februari 2021

Bacaan Pertama        1 Perus Bab 5 : ayat 1 – ayat 4

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus  :

Aku menasihatkan para penatua di antara kamu, aku sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak. Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu. Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 23:1-3a.3b-4.5.6

Tuhan, gembalaku, aku takkan berkekurangan

  • TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.
    Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
    Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.
  • Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
  • Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
  • Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

Bait Pengantar Injil    Matius Bab 16 : ayat 18

Engkau adalah Petrus, di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku, dan alam maut tidak akan menguasainya.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 16 : ayat 13 – ayat 19

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?” Jawab mereka: “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.” Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Bacaan injil pada renungan harian katolik hari ini menceritakan tentang pengakuan dari pada murid dan para pengikut Kristus tentang siapa Yesus itu. Pengakuan ini diperjelas oleh Petrus yang mengatakan bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup. Petrus sebagai murid Yesus mengungkapkan kepercayaan dan pengenalanyang sempurna. Yesus yang disebut Kristus atau Mesias karena Yesus lah yang dipilih Allah menjadi penyelamat bagi umat manusia. Segala pengenalan dan pengakuan yang mendalam tentang sesosok Yesus, sehingga dari pengakuan itu Petrus diberikan Kunci Kerajaan Surga sebagai dasar dalam mewartakan Sang Mesias.

Pengakuan Petrus itu mengajak kita unuk menyelami lebih dalam lagi tentang pribadi Yesus yang selalu hadir dalm hidup kita. Karena dari sejak kita lahir kita sudah diperkenalkan dan mengenal pribadi Yesus secara mendalam dan memperoleh rahmat dan berkat dari Yesus. Maka dari itu sudah seharusnya kita mengenali pribadi Yesus melalui kehidupan kita sehari-hari, sehingga kita juga mampu menjawab pertanyaan yang sama seperti yang dilontarkan kepada Petrus.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, semoga masa Prapaskah ini menjadi kesempatan bagi kami untuk semakin dekat dengan-Mu dan semakin mengenal Engkau. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 22 Februari 2021