Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 24 Mei 2021

May 21, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 24 Mei 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Senin, 24 Mei 2021

Bacaan Pertama      Kejadian Bab 3 : ayat 9 – ayat 15. ayat 20

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kisah Para Rasul.

Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?” Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.” Firman-Nya: “Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?” Manusia itu menjawab: “Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.” Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: “Apakah yang telah kauperbuat ini?” Jawab perempuan itu: “Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.” Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: “Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu. Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”
Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 87:1-2.3.5.6.7

Pujilah Tuhan, hai segala bangsa!

  • Di gunung-gunung yang kudus ada kota yang dibangunkan-Nya:
    TUHAN lebih mencintai pintu-pintu gerbang Sion dari pada segala tempat kediaman Yakub.
  • Tetapi tentang Sion dikatakan: “Seorang demi seorang dilahirkan di dalamnya,” dan Dia, Yang Mahatinggi, menegakkannya.
  • pada waktu mencatat bangsa-bangsa: “Ini dilahirkan di sana.” Sela
    Dan orang menyanyi-nyanyi sambil menari beramai-ramai: “Segala mata airku ada di dalammu.”

 

Bait Pengantar Injil

Berbahagialah engkau, Perawan maria yang melahirkan Tuhan; dan diberkatilah engkau, Bunda Gereja, yang menyemangati kami dengan Roh Puteramu, Yesus Kristus.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 19 : ayat 25 – ayat 34

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dan dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena. Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: “Ibu, inilah, anakmu!” Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya. Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia?supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci?:”Aku haus!” Di situ ada suatu bekas penuh anggur asam. Maka mereka mencucukkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam, pada sebatang hisop lalu mengunjukkannya ke mulut Yesus. Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai.” Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya. Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib?sebab Sabat itu adalah hari yang besar?maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan. Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus; tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Kita adalah murid yang dikasihi oelh Yesus, dan karena cintanya yang begitu besar, saat Yesus berada dalam nafas terakhir di kayu salib Ia menitipkan kita kepad Ibu-Nya; Santa Perawan Maria.
Setelah Yesus menemani kita dengan Roh Kudus, Yesis juga memberi kita hadiah yang berharga yaitu Ibu-Nya sendiri dijadikan-Nya ibu kita semua.

Gereja Katolik sangat sadr dengan hubungan erat antara Bunda dan Anak, dan gereja dengan bangga dan penih kasih menitipkan dirinya di pelukan Maria, Sang Bunda Gereja.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan, terimakasih sudah menitipkan kami kepada Bunda-Mu, Bunda kita, semoga kami dapat belajar dari Engkau untuk mencintai bunda kami masing-masing. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 24 Mei 2021