Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 28 Juni 2021

June 25, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 28 Juni 2021

PW S. Ireneus, Uskup dan Martir

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Senin, 28 Juni 2021

Bacaan Pertama      Kejadian Bab 18 : ayat 16 – ayat 33

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Kejadian :

Lalu berangkatlah orang-orang itu dari situ dan memandang ke arah Sodom; dan Abraham berjalan bersama-sama dengan mereka untuk mengantarkan mereka. Berpikirlah TUHAN: “Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini? Bukankah sesungguhnya Abraham akan menjadi bangsa yang besar serta berkuasa, dan oleh dia segala bangsa di atas bumi akan mendapat berkat? Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya TUHAN memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikan-Nya kepadanya.” Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: “Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya. Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya.” Lalu berpalinglah orang-orang itu dari situ dan berjalan ke Sodom, tetapi Abraham masih tetap berdiri di hadapan TUHAN. Abraham datang mendekat dan berkata: “Apakah Engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik? Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu? Apakah Engkau akan melenyapkan tempat itu dan tidakkah Engkau mengampuninya karena kelima puluh orang benar yang ada di dalamnya itu? Jauhlah kiranya dari pada-Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar bersama-sama dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah-olah sama dengan orang fasik! Jauhlah kiranya yang demikian dari pada-Mu! Masakan Hakim segenap bumi tidak menghukum dengan adil?” TUHAN berfirman: “Jika Kudapati lima puluh orang benar dalam kota Sodom, Aku akan mengampuni seluruh tempat itu karena mereka.” Abraham menyahut: “Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan, walaupun aku debu dan abu. Sekiranya kurang lima orang dari kelima puluh orang benar itu, apakah Engkau akan memusnahkan seluruh kota itu karena yang lima itu?” Firman-Nya: “Aku tidak memusnahkannya, jika Kudapati empat puluh lima di sana.” Lagi Abraham melanjutkan perkataannya kepada-Nya: “Sekiranya empat puluh didapati di sana?” Firman-Nya: “Aku tidak akan berbuat demikian karena yang empat puluh itu.” Katanya: “Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata sekali lagi. Sekiranya tiga puluh didapati di sana?” Firman-Nya: “Aku tidak akan berbuat demikian, jika Kudapati tiga puluh di sana.” Katanya: “Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan. Sekiranya dua puluh didapati di sana?” Firman-Nya: “Aku tidak akan memusnahkannya karena yang dua puluh itu.” Katanya: “Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?” Firman-Nya: “Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu.” Lalu pergilah TUHAN, setelah Ia selesai berfirman kepada Abraham; dan kembalilah Abraham ke tempat tinggalnya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 103:1-2.3-4.8-9.10-11

Tuhan itu pengasih dan penyayang.

  • Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!
    Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!
  • Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,
    Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat,
  • TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia.
    Tidak selalu Ia menuntut, dan tidak untuk selama-lamanya Ia mendendam.
  • Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita,
    tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia;

 

Bait Pengantar Injil          Mazmur Bab 95 : ayat 8ab

Hari ini janganlah bergetar hati, tetapi dengarkanlah suara Tuhan.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 8 : ayat 18 – ayat 22

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Ketika Yesus melihat orang banyak mengelilingi-Nya, Ia menyuruh bertolak ke seberang. Lalu datanglah seorang ahli Taurat dan berkata kepada-Nya: “Guru, aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi.” Yesus berkata kepadanya: “Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.” Seorang lain, yaitu salah seorang murid-Nya, berkata kepada-Nya: “Tuhan, izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku.” Tetapi Yesus berkata kepadanya: “Ikutlah Aku dan biarlah orang-orang mati menguburkan orang-orang mati mereka.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Tanpa kita sadari, dalam kehidupan kita sehari-hari tentunya kita mengalami kelekatan duniawi. Seperti contoh kelekatan dengan gadget, video game, karir dan kesibukan setiap hari, atau bahkan kedekatan dengan kasur kita alias bermalas-malasan apakah kita hidup hanya sekali dan cuman sebentar, sisanya kita akan hidup sebagai roh yang sama sekali tidak akan butuh hal duniawi tersebut.

Dalam bacaan pertama Tuhan sedang menunjukkan betapa murah hatinya ia dengan mengampuni seluruh orang Sodom bahkan jika hanya 10 orang saja yang bertobat dan hidup dengan benar. Artinya adalah tuhan akan mengampuni dosa dan perkataan kita hanya dengan pertobatan. Asal kita bertaubat dengan sungguh-sungguh dan menjalani hidup yang baru, juga keluar dari zona nyaman kita.

Seperti kutipan Injil Markus bab 8 ayat 34 yang mengatakan bahwa “setiap orang yang mau mengikut aku, harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut aku.”
Kita diajak oleh Yesus untuk berani membebaskan diri dari ikatan duniawi. Berada dalam zona nyaman memang menyenangkan tetapi kita tidak bisa bertumbuh dan berkembang. Sebaliknya, jika kita mau berada dalam zona tumbuh hidup kita tidak akan merasa nyaman namun kita mampu untuk berkembang.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Bapa, dampingilah Kami selalu jika kami keluar dari zona nyaman kami, agar kami tetap sesuai dengan kehendak-mu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 28 Juni 2021