Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Santa Susana dari Roma

August 11, 2019 | Orang Kudus
Santa Susana dari Roma, Perawan, Martir

Para Kudus – 11 Agustus

Santa Susana dari Roma, Perawan, Martir

Santa Susana hidup pada abad ketiga. Ia adalah seorang puteri bangsawan di kota Roma yang tersohor kecantikannya. Ayahnya adalah Santo Gabinus dan pamannya adalah Santo Paus Caius,  paus kita yang ke-28. Mereka bertiga tewas sebagai martir Kristus pada awal masa pemerintahan Kaisar Diocletianus; ketika kaisar keji ini mulai melancarkan penganiayaan terhadap umat kristen secara besar-besaran.

Kemartiran Santa Susana dan Santo Gabinus bermula ketika keluarga ini menolak lamaran Maximianus, putera kaisar Diokletianus, yang  hendak mempersunting Susanna sebagai isterinya. Susanna menolak lamaran ini karena ia telah mengucapkan kaul kemurnian. Selain itu ia juga tidak mau menjadi bagian dari keluarga kaisar yang telah membantai saudara-saudaranya umat Kristiani.

Penolakan ini membuat Diokletianus murka. Ia lalu mengirimkan pasukan pembunuh kerumah Susana yang kini sudah ketahuan sebagai orang Kristen. Santa Susana dan ayahnya tewas dipenggal di dalam rumah mereka sendiri pada tahun 295.  Setahun kemudian, pamannya Paus Gaius juga tertangkap dan dihukum mati.

Setelah masa penganiayaan berlalu, rumah Santa Susanna dipugar menjadi sebuah gereja yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Gereja ini dikenal dengan nama : Chiesa di Santa Susanna alle Terme di Diocleziano (The Church of Saint Susanna at the Baths of Diocletian)

Related For Santa Susana dari Roma