Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Santo Dismas

March 25, 2020 | Orang Kudus

Para Kudus – 25 Maret

Pencuri yang bertobat, Rach, Titus Dismas

Menurut tradisi Santo Dismas adalah seorang dari dua penjahat yang disalibkan di sebelah kiri dan sebelah kanan Yesus. Dalam Injil dikisahkan bahwa penjahat yang satu tidak menyesali perbuatannya, namun penjahat yang satunya lagi menyesali perbuatan jahatnya.

…. Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: “Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!”
Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: “Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama? Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah.”
Lalu ia berkata: “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.” Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.” …(Lukas 23:39-43)

Dalam Injil Lukas pencuri yang bertobat itu tidak disebutkan namanya. Dalam Injil Nikodemus (Injil apokrif, Berasal dari Abad ke-4) nama pencuri yang baik adalah “Dismas”, dan pencuri menghujat Yesus bernama “Gestas”. Dalam Injil al-Tufuliyah (Injil apokrif, Abad ke-6) namanya adalah “Titus”, dan pencuri yang buruk bernama “Dumachus”. Tradisi Gereja ortodoks Rusia, menyebut namanya sebagai “Rah”.

Santo Dismas dipandang sebagai teladan bagi orang yang mau bertobat. Selain itu, ia juga menjadi santo pelindung bagi orang yang dihukum mati.

Sumber : Santo Santa Gereja

Kisah Santo Santa Gereja lainnya dapat dibaca di Orang Kudus

Related For Santo Dismas