Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Santo Othmar

November 16, 2019 | Orang Kudus

Para Kudus – 16 November

Othmar of Saint Gall

Santo Othmar hidup pada abad ke-tujuh. Ia adalah seorang imam dan biarawan yang mendirikan Biara Benediktin Santo Gallus, di kota Saint Gallen, Swiss. Biara tersebut ia dirikan di bekas tempat pertapaan Santo Gallus, seorang biarawan kudus dari Irlandia yang hidup pada abad ke-enam.

Othmar kemudian diangkat menjadi abbas (kepala biara) biara tersebut, dan ia memimpin para biarawan untuk hidup kudus sesuai dengan regula Ordo Benediktin. Selain itu ia dan para biarawannya juga melayani masyarakat dengan menjalankan sekolah, mendirikan rumah sakit dan rumah sakit khusus bagi para penderita Lepra yang pertama di Swiss.

Santo Othmar meninggal dalam pengasingan di sebuah pulau Werd, di tengah Danau Constance. Ia diasingkan karena tuduhan palsu oleh para bangsawan yang tidak suka dengan keberadaan biara diwilayah mereka.

Awalnya santo Othmar dimakamkan di pulau Werd di danau Constance. Sepuluh tahun kemudian Jenazahnya yang ditemukan masih utuh dipindahkan ke biara St.Gallen. Legenda mengatakan bahwa ketika orang-orang yang membawa jenazahnya mendayung perahu di atas danau, mereka menjadi sangat haus. Secara ajaib satu-satunya barel anggur mereka yang masih berisi anggur tidak pernah menjadi kosong, tak peduli seberapa banyak yang telah mereka minum. Oleh karena itu barel anggur menjadi salah satu atribut dari santo Othmar disamping tongkat uskup kepala biara.

Related For Santo Othmar