Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Santo Sosimus

April 4, 2020 | Orang Kudus

Para Kudus – 4 April

Zosimus of Palestine, Zosimas of Palestine

Santo Sosimus adalah seorang biarawan yang hidup pada abad ke-4. Ia tinggal disebuah biara di tepi sungai Yordan di wilayah Israel. Santo Sosimus dikenal karena pertemuannya dengan Santa Maria Aegyptica (Maria dari Mesir) di padang gurun Yordania.

Adalah tradisi dari para biarawan disitu untuk menyepi ke padang gurun selama empat puluh hari selama masa Prapaskah. Mereka akan tinggal dalam keheningan dipadang gurun berdoa dan menjalani puasa. Mereka baru kembali kebiara sehari sebelum hari Minggu Palma. Ketika saatnya menyepi di padang gurun, Sosimus secara tidak sengaja menemukan pertapaan Santa Maria Aegyptica.

Maria Aegyptica menceritakan kisah hidupnya dan meminta Sosimus untuk membawakannya Sakramen Ekaristi pada hari Paskah di tepi sungai Yordan. Saat Sosimus melakukannya, Santa Maria Aegytica menemuinya diseberang dengan berjalan diatas air sungai Yordan demi menyambut Tubuh Kristus. Setelah mengucapkan syukur dan terimakasih, Maria meminta Sosimus untuk kembali membawakannya Sakramen Ekaristi pada paskah tahun berikutnya.

Setahun kemudian Sosimus kembali tapi ia menemukan tubuh Maria Aegyptica yang sudah tidak bernyawa lagi. Tubuh pertapa wanita itu telah beberapa lama meninggal dunia, namun tetap utuh dan memancarkan bau yang harum semerbak. Sosimus lalu memakamkannya dengan bantuan seekor singa yang lewat, lalu kembali ke Biara.

Santo Sosimus juga terkenal panjang umur, ia hidup selama hampir 100 tahun.

Sumber : Santo Santa Gereja

Kisah Santo Santa Gereja lainnya dapat dibaca di Orang Kudus

Related For Santo Sosimus