Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Tangan Tuhan Penuh Kasih

May 14, 2020 | Sejenak Eling

Ketika hari besar syukuran sudah mendekat, anak-anak kelas satu diminta menggambar sesuatu yang mereka syukuri selama ini. Ada yang menggambar rumah, atau mobil, atau ayam kalkun panggang, atau makanan, mainan dan sebagainya. Tapi satu anak menggambar tangan, kemudian anak-anak di situ berusaha menduga tangan siapa itu? Tangan Tuhan, polisi, tangan petani yang telah menanam sayuran, tapi tak seorang pun bisa menebaknya, dan anak itu tidak memberitahukan tangan siapa itu.

Ketika anak-anak lari keluar kelas untuk istirahat, guru itu menghampiri anak itu dan bertanya dengan lembut, “Tangan siapa yang kamu gambar ini?”

Dia menjawab, “Tangan ibu guru..”

Mata guru itu segera berlinang air mata dan teringatlah saat-saat ketika dia menuntun tangan anak itu ketika belajar menulis atau menuntun tangan anak itu untuk jalan karena anak itu timpang.

***

Ketika kita mengalami masalah dan kesulitan, seringkali kita mengeluh, ngedumel, terkadang kita lebih memilih diam, bahkan “mendiamkan” Tuhan karena rasa kecewa. Namun atas pilihan yang mendiamkan itu malah membuat kita semakin jauh dengan Tuhan. Hidup kita terasa datar dan tanpa makna, bahkan tidak jarang kita sampai pada kesimpulan kalau Tuhan tidak bekerja dalam kehidupan kita. Namun melalui orang-orang disekitar kita, yang kita percaya semua karena kehendak Tuhan, semangat kita mulai bangkit. Mereka itu tidak pernah bosan untuk memberi semangat pada kita untuk datang pada Tuhan. Dan memang Tuhan tidak langsung membereskan masalah kita, perlu waktu. Akan tetapi setelah waktu itu tiba, kita akan mendapatkan bukan hanya sekedar lepas dari masalah, kelegaan, namun kita juga mendapatkan sukacita yang besar. Maka memang benar, jika kita hidup dan terlibat dalam “keluarga di dalam Kristus” dapat membuat kita lebih mendapatkan semangat yang tidak diberikan oleh “keluarga” lainnya. Tuhan juga yang memberikan “keluarga” itu dalam hidup kita. Tangan-tangan kebaikan yang mereka berikan dan ulurkan kepada kita adalah kepanjangan “tangan Tuhan” untuk membantu kita di saat kita menghadapi masalah. Mengangkat kita di saat jatuh, dan memeluk kita dalam kasih sayang yang dalam.

Renungan Harian lainnya dapat dibaca di Sejenak Eling

Related For Tangan Tuhan Penuh Kasih