Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Teks Misa Hari Minggu Prapaskah V Tahun A

March 28, 2020 | Bacaan & Renungan, Jadwal Misa

HARI MINGGU PRAPASKAH V TAHUN A

“Allah Sendiri Menolong”

29 Maret 2020

 

Bapak/Ibu/Saudara/i terkasih dalam Kristus, di manapun berada.

Selamat mengikuti Perayaan Ekaristi Live Streaming Hari Minggu Prapaskah V dari Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga Paroki Katedral Jakarta, dengan tema: “Allah Sendiri Menolong”

 

Perayaan Ekaristi akan dipersembahkan oleh: Romo Hani Rudi Hartoko SJ / Romo Triyudo Prastowo SJ

 

Pada perayaan ekaristi hari ini, secara khusus kita berdoa bagi keselamatan dan kesehatan seluruh umat manusia dan Bangsa Indonesia, agar segera dipulihkan dari wabah virus Corona.

 

Pengantar:

Peristiwa pembangkitan Lazarus dari kematian dalam bacaan Injil hari ini, membantu kita mengenali siapa Yesus yang akan kita rayakan pada hari Paskah. Dialah Tuhan kita yang menunjukkan bela rasa kemanusiaan-Nya dan membuka pintu kehidupan. Melalui perjumpaan dengan-Nya, kita memperoleh kesempatan untuk memberi makna baru akan hidup kita dan mengalami cinta kasih Bapa yang tidak pernah pudar.

 

 

RITUS PEMBUKA

Lagu Pembuka Tanda Salib, Salam

Seruan Tobat (Saya mengaku….)

Tuhan kasihanilah kami…..

Doa Pembuka

 

I Marilah berdoa:

Allah Bapa Maharahim, melalui Putra-Mu terkasih, Engkau telah menolong banyak orang dalam masa kesulitan. Semoga kami mampu menanggapi Kasih-Mu dengan meneladani hidup Putra-Mu, Yesus Kristus. Sebab Dialah, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U Amin.

 

LITURGI SABDA

Bacaan I

Pembacaan dari Nubuat Yehezkiel (Yeh 37:12-14)

Beginilah firman Tuhan Allah, “Sungguh, Aku akan membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu dari dalamnya, hai umat-Ku. Dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu dari dalamnya. Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalam dirimu, sehingga kamu hidup kembali, dan Aku akan menempatkan kamu di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, Tuhan, yang mengatakannya dan membuatnya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

U           Syukur kepada Allah

 

Mazmur Tanggapan

Ulangan: Pada Tuhan ada kasih setia dan penebusan berlimpah.

1/ Dari jurang yang dalam aku berseru kepada-Mu, ya Tuhan! Tuhan dengarkanlah suaraku! Biarlah telinga-Mu menaruh perhatian, kepada suara permohonanku.

2/ Jika Engkau mengingat-ingat kesalahan, ya Tuhan, siapakah yang dapat tahan? Tetapi pada-Mu ada pengampunan, maka orang-orang bertakwa kepada- Mu.

 

Bacaan II

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma (Rm 8:8-11)

Saudara-saudara, mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, kalau Roh Allah memang tinggal di dalam dirimu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, maka ia bukanlah milik Kristus. Tetapi jika Kristus ada di dalam dirimu, maka tubuhmu memang mati karena dosa, tetapi rohmu hidup karena kebenaran. Dan jika Roh Allah, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam dalam dirimu, maka Ia yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana oleh Roh-Nya, yang diam dalam dirimu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U           Syukur kepada Allah

 

Bait Pengantar Injil

Ulangan: Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.

Akulah kebangkitan dan hidup, sabda Tuhan; setiap orang yang percaya kepada- Ku, tidak akan mati selama-lamanya

 

Bacaan Injil

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes (Yoh 11:3-7.17.20-27.33b-45) Ketika Lazarus jatuh sakit, kedua saudaranya, Maria dan Marta, mengirim kabar

kepada Yesus, “Tuhan, dia yang Engkau kasihi, sakit.” Mendengar kabar itu Yesus berkata, “Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan.” Yesus memang mengasihi Marta dan kakaknya serta Lazarus.

Namun, setelah didengarNya bahwa Lazarus sakit, Ia sengaja tinggal dua hari lagi di tempat di mana Ia berada; tetapi sesudah itu Ia berkata kepada murid- murid-Nya, “Mari kita kembali lagi ke Yudea.” Ketika Yesus tiba di Betania, didapati-Nya Lazarus telah empat hari terbaring di dalam kubur. Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah. Maka kata Marta kepada Yesus, “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. Tetapi sekarang pun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya.” Kata Yesus kepada Marta, “Saudaramu akan bangkit.” Kata Marta kepada-Nya, “Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman.” Jawab Yesus, “Akulah kebangkitan dan hidup. Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun sudah mati; dan setiap orang yang hidup serta percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?” Jawab Marta, “Ya Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia.”

Kemudian ketika melihat Maria menangis, Yesus sangat terharu dan berkata, “Di manakah dia kamu baringkan?’ Jawab mereka, “Tuhan, marilah dan lihatlah!” Maka menangislah Yesus. Kata orang-orang Yahudi, “Lihatlah, betapa besar kasih-Nya kepadanya!” Tetapi beberapa orang di antaranya berkata, “Ia yang memelekkan mata orang buta, tidak mampukah Ia bertindak sehingga orang ini tidak mati?” Makin masygullah hati Yesus, lalu Ia pergi ke kubur itu. Kubur itu adalah sebuah gua yang ditutup dengan batu. Kata Yesus, “Angkatlah batu itu!” Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada Yesus, “Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati.” Jawab Yesus, “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?” Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata, “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. Aku tahu bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku. Tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri mengelilingi Aku ini, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”

Sesudah berkata demikian, berserulah Yesus dengan suara keras, “Lazarus, marilah keluar!” Orang yang telah mati itu datang keluar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kafan, dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka, “Bukalah kain-kain itu, dan biarkan ia pergi.” Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya.

Demikianlah Injil Tuhan.

U           Terpujilah Kristus.

 

Homili

Syahadat/Aku Percaya….

 

Doa Umat

I Yesus bersabda: “Jikalau engkau percaya, engkau akan melihat kemuliaan Allah”. Maka marilah dengan penuh kepercayaan kita sampaikan doa-doa kepada Allah Bapa dengan perantaraan-Nya:

L Ya Bapa, limpahkanlah rahmat Roh  Kudus-Mu  kepada  para  gembala Gereja agar mampu menggembalakan umat-Mu dengan bijaksana dalam masa sulit ini dan gerakkanlah kami untuk mengambil sikap yang tepat sesuai dengan kebijaksanaan pimpinan bangsa kami serta petunjuk kesehatan. Marilah kita mohon:

U           Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L Ya Bapa, bimbinglah para pemimpin bangsa agar terus-menerus berusaha sekuat tenaga untuk menghentikan tersebarnya virus Corona ini dan mengatasi akibat-akibatnya, dan sertailah dengan rahmat kesehatan dan daya tahan bagi para dokter, tenaga medis dan semua orang yang dalam satu dan lain cara terlibat di garda terdepan untuk memulihkan keadaan. Marilah kita mohon:

U           Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L   Ya Bapa, sembuhkanlah saudari-saudara kami yang sakit karena wabah   ini dan dari pelbagai penyakit. Tumbuhkanlah harapan nyata dalam diri mereka dan teguhkanlah kerinduan hati mereka akan penyelamatan-Mu. Marilah kita mohon:

 

U           kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L Ya Bapa, anugerahilah kami jiwa besar untuk selalu bersyukur atas ciptaan-Mu, alam semesta seisinya, sebagai tempat dan pendukung hidup kami. Berilah kami kekuatan agar mampu menjaga dan melestarikannya sesuai dengan rencana penciptaan-Mu, sebagai wujud pertobatan kami. Marilah kita mohon:

U           Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

 

Ujud Evangelisasi:

L Ya Bapa, semoga umat Katolik di Negara Republik Rakyat  Tiongkok  bertahan dalam keteguhan iman pada Injil dan bertumbuh dalam persatuan. Marilah kita mohon:

U           Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Ujud Gereja Indonesia

L Ya Bapa, semoga di tengah merebaknya mal-mal modern, pasar tradisional tetap bisa berfungsi dan memperoleh hak hidupnya, sehingga pedagang- pedagang kecil tetap bisa menjalankan aktifitas ekonominya. Marilah kita mohon:

U           Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

 

…  hening sejenak …

 

I Allah Bapa Mahamurah, demikianlah doa-doa permohonan kami. Sudilah Engkau mengabulkannya sesuai dengan kehendak-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami. Amin.

 

 

LITURGI EKARISTI

Lagu Persiapan Persembahan Doa Persiapan Persembahan

I Allah Bapa yang Mahabaik, Yesus Putra-Mu memberikan Tubuh dan Darah-Nya, agar setiap orang yang hidup dan percaya kepada-Nya, beroleh pertolongan dan keselamatan. Terimalah persembahan roti dan anggur yang kami hunjukkan sebagai kenangan atas pengorbanan Putra-Mu bagi kami. Sebab Dialah, Tuhan sumber pengharapan kami.

 

Prefasi Prapaskah

Kudus – Doa Syukur Agung (DSA)

 

Bapa Kami – Doa Damai Anak Domba Allah Komuni

 

Doa Komuni Batin

Yesus-ku, aku percaya,

Engkau sungguh hadir dalam Sakramen Mahakudus.

Aku mencintai-Mu lebih dari segalanya,

dan aku merindukan kehadiran-Mu dalam jiwaku.

Karena sekarang aku tak dapat menyambut-Mu dalam Sakramen Ekaristi, datanglah sekurang-kurangnya secara rohani ke dalam hatiku.

Seolah-olah Engkau telah datang, Aku memeluk-Mu dan mempersatukan diriku sepenuhnya kepada-Mu; jangan biarkan aku terpisah daripada-Mu.

Amin.

 

 

Doa Tahun Keadilan Sosial KAJ

Allah Bapa, puji dan syukur atas rahmat-Mu yang berlimpah.

Engkau mengajarkan bahwa setiap pribadi berharga dan pantas dicintai.

Dalam terang Roh Kudus, ajarilah kami menyadari bahwa kami semua dipanggil untuk mengasihi dan berbuat adil bagi sesama.

Engkau menghendaki kami memperhatikan kehadiran dan kebutuhan sesama, serta menghormati martabat manusia.

Bimbinglah kami menjadi pribadi yang semakin tangguh, berhikmat dan berkeadilan mengikuti teladan Yesus Putra-Mu.

Bantulah kami mewujudkan damai sejahtera bagi sesama dan alam ciptaan-Mu.

Bunda Maria, Bunda Umat Berhikmat, Bunda segala suku, doakanlah kami.

Amin

 

Doa Sesudah Komuni

  • Marilah berdoa:

Ya Yesus penolong, Engkau tahu apa yang menjadi kerinduan hati kami di masa-masa ini. Semoga cinta-Mu yang tak pernah pudar dan kami terima secara rohani senantiasa memenuhi keseluruhan diri kami dan memampukan kami untuk dapat berkata seperti Marta, “Ya Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, yang datang menyelamatkan.” Sebab Engkaulah Tuhan dan Pengantara kami.

U Amin.

 

 

RITUS PENUTUP

Berkat Penutup Pengutusan Lagu Penutup

Related For Teks Misa Hari Minggu Prapaskah V Tahun A