Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Beato Noel Pinot

February 21, 2020 | Orang Kudus

Para Kudus – 21 Februari

Natalis Pinot, Natale Pinot

Revolusi Perancis yang berlangsung pada tahun 1789 sampai 1799 membawa gejolak besar dalam Gereja Perancis. Seminari dan biara-biara ditutup; rohaniwan-rohaniwati, para imam dan uskup-Uskup Perancis, dipaksa mengangkat sumpah mengakui Konstitusi baru Perancis yang anti Gereja. Banyak dari mereka yang dibunuh karena tidak bersedia bersumpah mengakui Konstitusi tersebut. Pater Noel Pinot, SJ adalah salah seorang dari para martir Kristus tersebut
Pater Noel Pinot,SJ lahir pada tanggal 19 Desember 1747 di Angers, Maine-et-Loire, Perancis. Ia menjalani pendidikan di seminari Serikat Jesus dan ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1771. Dalam tujuh tahun pertama karya imamatnya, Pater Noel ditugaskan sebagai pastor pembantu di beberapa paroki. Lalu pada tahun 1788, setahun sebelum Revolusi meletus, ia diangkat menjadi pastor paroki di Paroki Saint Aubin, Louroux-Beconnais.

Ketika Revolusi meletus, Pater Noel tanpa mengenal takut berkhotbah memperingatkan rekan-rekannya para rohaniwan-rohaniwati untuk tidak mengkhianati Allah dan Gereja-NYA. Dengan keras Noel mencela uskup-uskup Perancis yang telah mengangkat sumpah untuk setia pada Konstitusi baru yang anti gereja itu. Karena itu Noel dipecat dan dibuang. Namun ia kembali ke Paroki dan melanjutkan perjuangannya dengan diam-diam.

Tatkala sedang mempersembahkan misa di tengah malam, Noel Pinot dikhianati. Ia ditangkap dan dihukum mati dengan Guillotine. Noel Pinot,SJ tewas sebagai martir Kristus pada tahun 1794.

Sumber : Santo Santa Gereja

Related For Beato Noel Pinot