Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 13 November 2020

November 12, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 13 November 2020

 

Renungan Harian Katolik Jumat, 13 November 2020

 

Bacaan Pertama       2 Yohanes Bab 1 : ayat 4 – ayat 9

Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Yohanes:

2Yoh 1:4 Aku sangat bersukacita, bahwa aku mendapati, bahwa separuh dari anak-anakmu hidup dalam kebenaran sesuai dengan perintah yang telah kita terima dari Bapa.

2Yoh 1:5 Dan sekarang aku minta kepadamu, Ibu? bukan seolah-olah aku menuliskan perintah baru bagimu, tetapi menurut perintah yang sudah ada pada kita dari mulanya?supaya kita saling mengasihi.

2Yoh 1:6 Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya. Dan inilah perintah itu, yaitu bahwa kamu harus hidup di dalam kasih, sebagaimana telah kamu dengar dari mulanya.

2Yoh 1:7 Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

2Yoh 1:8 Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya.

2Yoh 1:9 Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 119:1.2.10.11.17.18

Berbahagialah orang yang hdup menurut hukum Tuhan.

  • Mzm 119:1 Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat TUHAN.
  • Mzm 119:2 Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati,
  • Mzm 119:10 Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu.
  • Mzm 119:11 Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.
  • Mzm 119:17 Lakukanlah kebajikan kepada hamba-Mu ini, supaya aku hidup, dan aku hendak berpegang pada firman-Mu.
  • Mzm 119:18 Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari Taurat-Mu.

 

 

Bait Pengantar Injil      Lukas Bab 21 : ayat 28

Angkatlah mukamu, sebab penyelamatmu sudah dekat.

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 17 : ayat 26 – ayat 37

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 17:26 Dan sama seperti terjadi pada zaman Nuh, demikian pulalah halnya kelak pada hari-hari Anak Manusia:

Luk 17:27 mereka makan dan minum, mereka kawin dan dikawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, lalu datanglah air bah dan membinasakan mereka semua.

Luk 17:28 Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun.

Luk 17:29 Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua.

Luk 17:30 Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diri-Nya.

Luk 17:31 Barangsiapa pada hari itu sedang di peranginan di atas rumah dan barang-barangnya ada di dalam rumah, janganlah ia turun untuk mengambilnya, dan demikian juga orang yang sedang di ladang, janganlah ia kembali.

Luk 17:32 Ingatlah akan isteri Lot!

Luk 17:33 Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya.

Luk 17:34 Aku berkata kepadamu: Pada malam itu ada dua orang di atas satu tempat tidur, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.

Luk 17:35 Ada dua orang perempuan bersama-sama mengilang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.”

Luk 17:36 (Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.)

Luk 17:37 Kata mereka kepada Yesus: “Di mana, Tuhan?” Kata-Nya kepada mereka: “Di mana ada mayat, di situ berkerumun burung nasar.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Bacaan pada hari ini seperti membaca buku sejarah. Bahtera Nuh, hancurnya Sodom dan Gomora, kesudahan istri Lot. Fakta-fakta itu ditampilkan untuk mengingatkan kita akan satu hal. Bahwasannya segala sesuatu yang berkaitan dengan manusia akan berakhir, seperti tidak ada yang abadi. Manusia mati, duniapun berakhir.

Kesibukan kita yang mencemaskan diri dengan hal-hal duniawi membuat kita tidak menjadikan kerajaan Allah sebagai prioritas utama. Hal itu yang juga dapat membuat kita gagal dan tersesat baik dalam pemahaman maupun dalam praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. Seharusnya kita lebih banyak belajar sejarah dari para nabi, dan Sang Guru, bukan malah bersikap apatis terhadap mereka.

Dalam bacaan hari ini Nabi telah mengingatkan kita bahwa ‘buah dari keengganan  itu adalah kebinasaan’. Maka dari itu kita harus peka agar tidak binasa.

 

Doa

Tuhan Yesus buatlah kami untuk selalu mau belajar dari siapapun dan mempunyai kepekaan agar kami tidak terjerat dalam kebinasaan. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 13 November 2020