Renungan Harian Katolik Minggu Paskah 9 April 2023

  • miki katolik
  • May 25, 2024

Renungan Harian Katolik 9 April 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 9 April 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Komsos Gereja Maria Bunda Karmel

Makna Minggu Paskah

Kebangkitan Yesus bukanlah satu kedatangan kembali ke kehidupan duniawi seperti yang terjadi pada pembangkitan-pembangkitan, yang Ia lakukan sebelum Paskah: puteri Yairus, pemuda Naim, dan Lasarus

Perbuatan-perbuatan ini adalah bukti kekuasaan Yesus yang mengherankan, tetapi orang-orang yang mengalami mukjizat itu, kembali ke kehidupan duniawi. Pada waktunya mereka mati lagi.Kebangkitan Kristus memang lain sifatnya. Dalam tubuh yang bangkit Ia keluar dari keadaan mati dan beralih ke suatu kehidupan lain, di luar batas waktu dan ruang.

Tubuh Kristus dipenuhi dengan kekuasaan Roh Kudus pada saat kebangkitan; dalam keadaan yang dimuliakan itu, Ia mengambil bagian dalam kehidupan ilahi, sehingga santo Paulus dapat menggambarkan Kristus sebagai “Yang surgawi” Bdk. 1 Kor 15:35-50.. 994, 549 (Katekismus Gereja Katolik, 646)

Bacaan Pertama 9 April 2023

Kisah Para Rasul 10:34a.37-43

Sekali peristiwa Allah menyuruh Petrus pergi ke rumah perwira Kornelius. Di sana Petrus berkata, “Kamu tahu tentang segala sesuatu yang terjadi di seluruh tanah Yudea, mulai dari Galilea, sesudah pembaptisan yang diberitakan oleh Yohanes, yaitu tentang Yesus dari Nazaret: Bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh dan kuat kuasa.

Yesus itulah yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia. Kami adalah saksi dari segala sesuatu yang diperbuat Yesus di tanah Yudea maupun di Yerusalem! Dia telah dibunuh dan digantung pada kayu salib.

Tetapi Allah telah membangkitkan Dia pada hari yang ketiga. Dan Allah berkenan bahwa Ia menampakkan diri, bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati.Dan Yesus telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati. Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya.”

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 9 April 2023

Mzm 118:1-2.16ab-17.22-23

Ref. Pada hari ini Tuhan bertindak! Mari kita rayakan dengan gembira.

Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik, kekal abadi kasih setia-Nya. Biarlah Israel berkata, “Kekal abadi kasih setia-Nya.”

Tangan kanan Tuhan berkuasa meninggikan, tangan kanan Tuhan melakukan keperkasaan. Aku tidak akan mati, tetapi hidup, dan aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan Tuhan!

Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru. Hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita.

Bacaan Kedua 9 April 2023

Kolose 3:1-4

Saudara-saudara, kamu telah dibangkitkan bersama dengan Kristus. Maka carilah perkara yang di atas, di mana Kristus berada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Sebab kamu telah mati, dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus dalam Allah. Kristuslah hidup kita! Apabila Ia menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

Bait Pengantar Injil 9 April 2023

1 Korintus 5:7b-8a

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Mari kita merayakan perjamuan Paskah, sebab Yesus Kristus sudah dikurbankan.

Bacaan Injil 9 April 2023

Yohanes 20:1-9

Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur Yesus, dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Maka ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus.Ia berkata kepada mereka, “Tuhan telah diambil orang dari kubur-Nya, dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan.” Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.

Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat daripada Petrus, sehingga ia lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam dan melihat kain kafan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam.

Maka tibalah juga Simon Petrus menyusul dia, dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kafan terletak di tanah, sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kafan itu, tetapi agak di samping, di tempat yang lain, dan sudah tergulung.Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai ke kubur itu; ia melihatnya dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci, yang mengatakan bahwa ia harus bangkit dari antara orang mati.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 9 April 2023

Seberapa dalam kasih kita kepada Yesus? Maria dari Magdala, Petrus dan murid terkasih sangat mencintai Yesus. Mungkin untuk mengatakan bahwa mereka bertiga tertekan adalah pernyataan yang meremehkan ketika jenazah Yesus dikuburkan.Mereka pasti merasa bahwa sebagian dari mereka telah diambil dari mereka secara permanen. Karena beginilah rasanya ketika seseorang yang sangat kita cintai meninggal.

Oleh karena itu keesokan harinya atau dini hari berikutnya Maria Magdala pergi ke kubur hanya untuk mengetahui bahwa tubuh Yesus sudah tidak ada lagi. Dia memberi tahu Petrus dan murid yang terkasih tentang tubuh Yesus yang hilang. Jadi berpacu dengan waktu mereka pergi untuk melihat sendiri kubur Yesus yang kosong.

Apa arti kisah Injil ini bagi kita? Apakah itu memberitahu kita bahwa kita juga harus mencari dan merindukan Yesus? Tentunya ini memberitahu kita bahwa kita juga harus memiliki kerinduan yang selalu ada akan Yesus. Karena alasan sederhana bahwa saat kita merindukan Tuhan kita pasti akan segera menemukan Dia.

Yesus hidup dan Yesus telah bangkit namun banyak yang tidak merindukan Dia. Inilah kebenaran yang menyedihkan: banyak yang masih belum merindukan Dia. Mengapa? Karena banyak yang tidak peduli untuk membagikan-Nya dan banyak yang tidak peduli untuk menjalankan ajaran-ajaran-Nya.

Karena itu marilah kita berbeda dari mereka yang tidak peduli untuk membagikan Yesus. Marilah kita dengan rendah hati membagikan Kristus yang Bangkit melalui kata-kata kita dan melalui cara hidup kita. Sehingga melalui kami banyak yang akan tercerahkan dan diberkati oleh Juruselamat kami yang Bangkit.

Akankah kita peduli untuk membagikan Kristus yang bangkit atau kita akan terus menjaga Dia di dalam kita?

Selamat merayakan Hari Raya Paskah Tahun 2023.

Doa Penutup

Allah Bapa yang Maha Pengasih, Engkau telah mengagungkan hari ini dengan membangkitkan Putra-Mu dari alam maut yang membuka harapan hidup kekal bagi kami.

Kami mohon teguhkanlah iman dan harapan kami akan hidup baru yang Kauanugerahkan berkat kebangkitan Putra-Mu.

Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Minggu Paskah 8 April 2023 dari infokatolik.id, Astungkara.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *