Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 2 Desember 2020

December 1, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 2 Desember 2020

 

Renungan Harian Katolik Rabu, 2 Desember 2020

 

Bacaan Pertama       Yesaya Bab 25 : ayat 6 – ayat 10a

Pembacaan dari Kitab Yesaya :

Yes 25:6 TUHAN semesta alam akan menyediakan di gunung Sion ini bagi segala bangsa-bangsa suatu perjamuan dengan masakan yang bergemuk, suatu perjamuan dengan anggur yang tua benar, masakan yang bergemuk dan bersumsum, anggur yang tua yang disaring endapannya.

Yes 25:7 Dan di atas gunung ini TUHAN akan mengoyakkan kain perkabungan yang diselubungkan kepada segala suku bangsa dan tudung yang ditudungkan kepada segala bangsa-bangsa.

Yes 25:8 Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan ALLAH akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab TUHAN telah mengatakannya.

Yes 25:9 Pada waktu itu orang akan berkata: “Sesungguhnya, inilah Allah kita, yang kita nanti-nantikan, supaya kita diselamatkan. Inilah TUHAN yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita oleh karena keselamatan yang diadakan-Nya!”

Yes 25:10 Sebab tangan TUHAN akan melindungi gunung ini, tetapi Moab akan diinjak-injak di tempatnya sendiri, sebagai jerami diinjak-injak dalam lobang kotoran.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 23:1-3a.3b-4.5.6

Aku akan diam di dalam rumah Tuhan sepanjang masa.

  • Mzm 23:1 Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Mzm 23:2 Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;

Mzm 23:3a Ia menyegarkan jiwaku.

  • Mzm 23:3b  Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

Mzm 23:4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

  • Mzm 23:5 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
  • Mzm 23:6 Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

 

 

Bait Pengantar Injil

Tuhan akan datang menyelamatkan umat-Nya; Berbahagialah orang yang menyongsong Dia.

 

Bacaan Injil                   Matius Bab 15 : ayat 29 – ayat 37

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Mat 15:29 Setelah meninggalkan daerah itu, Yesus menyusur pantai danau Galilea dan naik ke atas bukit lalu duduk di situ.

Mat 15:30 Kemudian orang banyak berbondong-bondong datang kepada-Nya membawa orang lumpuh, orang timpang, orang buta, orang bisu dan banyak lagi yang lain, lalu meletakkan mereka pada kaki Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya.

Mat 15:31 Maka takjublah orang banyak itu melihat orang bisu berkata-kata, orang timpang sembuh, orang lumpuh berjalan, orang buta melihat, dan mereka memuliakan Allah Israel.

Mat 15:32 Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: “Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan.”

Mat 15:33 Kata murid-murid-Nya kepada-Nya: “Bagaimana di tempat sunyi ini kita mendapat roti untuk mengenyangkan orang banyak yang begitu besar jumlahnya?”

Mat 15:34 Kata Yesus kepada mereka: “Berapa roti ada padamu?” “Tujuh,” jawab mereka, “dan ada lagi beberapa ikan kecil.”

Mat 15:35 Lalu Yesus menyuruh orang banyak itu duduk di tanah.

Mat 15:36 Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak.

Mat 15:37 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Tuhan adalah Allah yang peduli dan berbelas kasih. Selama dalam perjalanan orang-orang yang mengikut Yesus melihat Yesus tidak hanya mementingkan kepentingan rohani saja, tapi juga kepentingan jasmani, agar saat mengikuti Yesus jasmani mereka tetap kuat. Tuhan Yesus mempedulikan itu, ahkan sisa makanan yang yang tinggal sedikit pun jika kita percaya, makanan itu akan jadi banyak dan mengenyangkan kita.

Kita harus yakin dan percaya bahwa Tuhan Yesus tidak akan meninggalkan kita sendiri, Tuhan akan membantu kita dan menolong kita, jika kita merasa masih susah, Tuhan ingin kita berdoa dan secara khusus meminta langsung pertolongan-Nya lewat doa.

 

Doa

Tuhan Yesus terimakasih karena telah mempedulikan kami, memperhatikan kami dan menjaga kami. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 2 Desember 2020