Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Sabtu, 19 Juni 2021

June 16, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Sabtu, 19 Juni 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Sabtu, 19 Juni 2021

Bacaan Pertama      2 Korintus Bab 12 : ayat 1 – ayat 10

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus:

Aku harus bermegah, sekalipun memang hal itu tidak ada faedahnya, namun demikian aku hendak memberitakan penglihatan-penglihatan dan penyataan-penyataan yang kuterima dari Tuhan. Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau?entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya?orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga. Aku juga tahu tentang orang itu, ?entah di dalam tubuh entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya? ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan, yang tidak boleh diucapkan manusia. Atas orang itu aku hendak bermegah, tetapi atas diriku sendiri aku tidak akan bermegah, selain atas kelemahan-kelemahanku. Sebab sekiranya aku hendak bermegah juga, aku bukan orang bodoh lagi, karena aku mengatakan kebenaran. Tetapi aku menahan diriku, supaya jangan ada orang yang menghitungkan kepadaku lebih dari pada yang mereka lihat padaku atau yang mereka dengar dari padaku. Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri. Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku. Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku. Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 34:8-9.10-11.12-13

Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan.

  • Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takwa, lalu meluputkan mereka
    Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!
  • Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia!
    Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatupun yang baik.
  • Marilah anak-anak, dengarkanlah aku, takut akan TUHAN akan kuajarkan kepadamu!
    Siapakah orang yang menyukai hidup, yang mengingini umur panjang untuk menikmati yang baik?

 

Bait Pengantar Injil       2 Korintus Bab 8 : ayat 9

Yesus Kristus telah menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, agar berkat kemiskinan-Nya, kalian menjadi kaya.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 6 : ayat 24 – ayat 34

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Tuhan Yesus, jangan menghalangi kami untuk dekat dengan-Mu, kami dekat agar kami mengetahui apa yang Kau hendaki untuk kami. Amin.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Mungkin banyak dari kita yang menyukai bacaan pada hari ini, karena di tengah kompleksitas kehidupan saat ini, di tengah pandemi dan di dunia digital yang begitu cepat, hari ini menjadi sumber kekuatan. Yesus mengajak kita untuk tidak memusingkan hari besok. Kekhawatiran dan kecemasan dapat membuat kacau Daya juang, kehidupan rohani dan relasi sosial kita dengan sesama. Kita pun menjadi tidak sehat karena dihimpit oleh kekhawatiran memang kita tidak dapat memprediksi akan hari esok, akan sekolah kita, kerjaan kita dan akan Dibawa Kemana kita hari esok. Terkadang kita berpikir bahwa kita sekolah karena tuntutan orang tua, kita bekerja untuk bertahan hidup, sehingga kita tidak paham apa yang sedang kita jalankan. Kita juga tidak tahu apa yang Tuhan kehendaki untuk kita. Maka dari itu sudah jelaslah dalam bacaan Injil hari ini Yesus mengajak kita juga untuk selalu mencari dahulu Kerajaan Allah dan semua tentang kebenaran Allah.

Ada beberapa cara agar kita tidak khawatir berlebihan. Pertama ialah percaya kepada Tuhan. Kemudian hidup dalam Tuhan. Hidup selaras dengan apa yang sudah Tuhan sampaikan dalam Injil, dan apa yang sudah yesus Teladan kan untuk kita.
Terakhir, untuk memiliki harapan yang selaras dengan kehendak tuhan. Untuk selalu meminta apa yang Tuhan kehendaki, bukan apa yang kita inginkan.
Untuk mengenali apa yang Tuhan inginkan, kita harus selalu bisa mengadakan waktu bersama Tuhan, untuk mendengarkan suara Tuhan dalam kedalaman batin kita dengan cara berdoa atau meditasi.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, jangan menghalangi kami untuk dekat dengan-Mu, kami dekat agar kami mengetahui apa yang Kau hendaki untuk kami. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Sabtu, 19 Juni 2021