Renungan Harian Katolik Minggu 28 Mei 2023 Hari Raya Pentakosta

  • miki katolik
  • May 25, 2024
Renungan Harian Katolik Selasa, 25 Mei 2021

Renungan Harian Katolik Minggu 28 Mei 2023 Hari Raya Pentakosta

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 28 Mei 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Garam Dunia_Hutrin SVD

Bacaan Pertama 28 Mei 2023

Kisah Para Rasul 2:1-11

Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.

Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit.

Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: “Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?

Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita: kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia, Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah-daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene,

pendatang-pendatang dari Roma, baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah.”

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 28 Mei 2023

Mzm 104:1.24.29-30.31.34

Ref. Utuslah Roh-Mu ya Tuhan dan jadi baru seluruh bumi.

  1. Allahku nama-Mu hendak kupuji. Engkau amat agung berdandan sinar kebesaran.
  2. Ya Tuhan berselubungkan cahaya. Bagai jubah raja langit Kaupasang bagai kemah.
  3. Firman-Mu disampaikan oleh angin. Api yang berkobar tunduk pada-Mu bagai hamba.

Bacaan Kedua 28 Mei 2023

1 Korintus 12: 3b-7.12-13

Saudara-saudara, tiada seorang pun dapat mengaku, “Yesus adalah Tuhan,” selain oleh Roh Kudus. Ada rupa-rupa karunia, tetapi hanya ada satu Roh. Ada rupa-rupa pelayanan, tetapi hanya ada satu Tuhan.

Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu; Dialah yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.

Karena sama seperti Tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab kita semua, baik Yahudi maupun Yunani, baik budak maupun orang merdeka, telah dibaptis dalam satu Roh menjadi satu tubuh, dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Bait Pengantar Injil 28 Mei 2023

Ref. Alleluya.

Datanglah, hai Roh Kudus, penuhilah hati kaum beriman dan nyalakanlah api cinta-Mu di dalam hati mereka.

Bacaan Injil 28 Mei 2023

Yohanes 20:19-23

Setelah Yesus disalibkan, pada malam pertama sesudah hari Sabat, berkumpullah murid-murid Yesus di satu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi.

Pada waktu itu datanglah Yesus, berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, “Damai sejahtera bagi kamu!” Dan sesudah berkata demikian, Yesus menunjukkan tangan dan lambung-Nya kepada mereka.

Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. Maka kata Yesus sekali lagi, “Damai sejahtera bagi kamu!” Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu!”

Dan sesudah berkata demikian, Yesus menghembusi mereka dan berkata, “Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 28 Mei 2023

Bacaan Injil ini dimulai dengan menggambarkan bagaimana murid-murid Yesus mengunci diri di sebuah ruangan. Mereka takut kepada orang Yahudi. Bayangkan kisah ini! Inilah sebelas pria dewasa yang dikurung di sebuah ruangan yang cukup kecil, takut akan apa yang mungkin terjadi pada mereka. Begitu banyak untuk “murid-murid Yesus yang berani.”

Kemudian Yesus diam-diam muncul di tengah-tengah mereka. Apakah mereka menggosok mata sambil bertanya-tanya apakah ada yang salah dengan penglihatan mereka?

Apakah mereka pikir mereka menjadi gila ketika mereka melihat Yesus? Apakah mereka segera mengenali bahwa penampakan ini adalah Yesus, teman dan guru terkasih mereka?

Yesus dengan tenang dan sederhana berkata kepada teman-teman dan murid-muridnya yang terkasih: “Damai sejahtera bagimu.” Saya menduga bahwa emosi utama yang dialami para murid ketika mereka melihat penampakan ini bukanlah “kedamaian”.

Sebaliknya, saya berasumsi bahwa mereka merasa kaget, takut, tidak percaya, heran dan mungkin berharap. Apakah mereka bertanya pada diri sendiri: Bagaimana ini bisa terjadi? Apakah ini nyata? Apakah Yesus benar-benar ada di sini bersama kita?

Kemudian Yesus menunjukkan tangan dan lambungnya kepada teman-temannya yang terkasih. Apakah Yesus melakukan ini agar mereka tahu dan percaya bahwa Yesus benar-benar ada di tengah-tengah mereka?

Saya menduga bahwa para murid membutuhkan bukti bahwa penampakan ini benar-benar adalah Yesus, guru dan sahabat mereka. Namun saat mereka mulai menyerap fakta bahwa Yesus benar-benar bersama mereka sekali lagi, mereka bersukacita. Mereka terpesona dan takjub!

Yesus sekali lagi berkata kepada murid-muridnya: “Damai sejahtera bagimu! Sebagaimana Bapa mengutus Aku, demikian pula Aku mengutus kamu.” Apakah para murid mengalami kedamaian menyelimuti mereka ketika Yesus mengucapkan kata-kata yang sederhana namun kuat ini?

Yesus kemudian menghembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus! Dosa siapa yang kamu ampuni akan diampuni, dan dosa siapa yang kamu simpan dipertahankan!”

Luangkan waktu sejenak dan dengarkan Yesus berkata kepada Anda: “Damai sejahtera bagimu (namamu)! Kemudian dengan tenang hiruplah karunia damai sejahtera Yesus selama 3-4 menit! Izinkan kedamaian Yesus menyelimuti Anda, memenuhi Anda! (Lakukan, jangan hanya membaca kalimatnya dan lanjutkan!)

Apa pengalaman Anda? Apakah Anda merasakan kedamaian Yesus di dalam diri Anda? Apakah Anda merasa kurang stres atau khawatir? Yesus memberi kita karunia damai sejahtera setiap hari!

Namun, kita harus secara sadar menerima dan menyerap kedamaian-Nya! Jika kita melakukan ini setiap hari, kita mungkin menemukan bahwa kita lebih damai, santai dan gembira!

Doa Penutup

Allah Bapa kami yang mahaagung dan kekal, berkat misteri Pentakosta Engkau menguduskan Gereja-Mu di antara para bangsa dengan segala bahasa. Sebarluaskanlah anugerah Roh Kudus ke seluruh dunia.

Ulangilah mukjizat Pentakosta: sentuhlah dengan Roh-Mu hati umat beriman, seperti yang Kaulakukan pada awal pewartaan Injil.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Tuhan kami yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dan Roh Kudus, Allah, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Minggu 28 Mei 2023 dari infokatolik.id, Amapu benjer

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *