Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 11 Mei 2021

May 11, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 11 Mei 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Senin, 10 Mei 2021

Bacaan Pertama      Kisah Para Rasul Bab 16 : ayat 22 – ayat 34

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kisah Para Rasul.

Juga orang banyak bangkit menentang mereka. Lalu pembesar-pembesar kota itu menyuruh mengoyakkan pakaian dari tubuh mereka dan mendera mereka. Setelah mereka berkali-kali didera, mereka dilemparkan ke dalam penjara. Kepala penjara diperintahkan untuk menjaga mereka dengan sungguh-sungguh. Sesuai dengan perintah itu, kepala penjara memasukkan mereka ke ruang penjara yang paling tengah dan membelenggu kaki mereka dalam pasungan yang kuat. Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka. Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua. Ketika kepala penjara itu terjaga dari tidurnya dan melihat pintu-pintu penjara terbuka, ia menghunus pedangnya hendak membunuh diri, karena ia menyangka, bahwa orang-orang hukuman itu telah melarikan diri. Tetapi Paulus berseru dengan suara nyaring, katanya: “Jangan celakakan dirimu, sebab kami semuanya masih ada di sini!” Kepala penjara itu menyuruh membawa suluh, lalu berlari masuk dan dengan gemetar tersungkurlah ia di depan Paulus dan Silas. Ia mengantar mereka ke luar, sambil berkata: “Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?” Jawab mereka: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.” Lalu mereka memberitakan firman Tuhan kepadanya dan kepada semua orang yang ada di rumahnya. Pada jam itu juga kepala penjara itu membawa mereka dan membasuh bilur mereka. Seketika itu juga ia dan keluarganya memberi diri dibaptis. Lalu ia membawa mereka ke rumahnya dan menghidangkan makanan kepada mereka. Dan ia sangat bergembira, bahwa ia dan seisi rumahnya telah menjadi percaya kepada Allah.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 138:1-2a.2bc-3.7c-8

Tangan kanan-u menyelamatkan daku, ya Tuhan.

  • Dari Daud. Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hatiku, di hadapan para allah aku akan bermazmur bagi-Mu.
    Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.
  • Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.
    Pada hari aku berseru, Engkaupun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.
  • Jika aku berada dalam kesesakan, Engkau mempertahankan hidupku; terhadap amarah musuhku Engkau mengulurkan tangan-Mu, dan tangan kanan-Mu menyelamatkan aku.
    TUHAN akan menyelesaikannya bagiku! Ya TUHAN, kasih setia-Mu untuk selama-lamanya; janganlah Kautinggalkan perbuatan tangan-Mu!

 

Bait Pengantar Injil         Yohanes Bab 16 : ayat 7.13

Aku akan mengutus Roh kebenaran kepadamu, sabda Tuhan, dan Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 16 : ayat 5 – ayat 11

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorangpun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita. Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Perubahan itu selalu ada. Terkadag perubahan menimbulkan rasa yang tidak enak, apa;agi kalau kita sudah berada dalam zona nyaman. Perubahan jika diartikan secara luas dapat berupa perkembangan dari yang sebelumnya. Dengan adanya perubahan dan perkembangan, terdapat banyak berkat yang menanti dibaliknya. Berkat tidak dayang dengan sendirinya, tetapi harus diraih. Salah satu caranya adalah melalui suatu perubahan.

Murid Yesus berdukacita ketika ditinggal Yesus kembali kepada Bapa. Sedih, bingung, ketakutan menghantui mereka. Menjadi murid, mengikuti gurunya merupakan zona nyaman mereka. Kenyamanan itu akan hilang. Tetapi jika Yesus tidak pergi, Pengihibur tidak akan datang. Penghibur ini akan mendampingi, memberi kekuatan dan menghibur para rasul dalam melaksanakan tugasnya. Dia ada sejak zaman ara rasul sampai pada saat zaman kita sekarang dan zaman yang akan datang. Dia senantiasa menyadarkan kita tentang dosa, kebenanran dan penghakiman. Penghibur ini pula yang meneguhkan Paulus dan Silas untuk memberitakan firman Tuhan dan kabar keselamatan, walau didera dan dipenjara.

Apapun yang sedang kita alami saat ini, izinkan Penghibur yaitu Roh Kudus mendampingi, menghibur dan memberimu kekuatan.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, terimakasih telah hadir untuk menghibur hati kami, kami mohon agar Roh Kudus senantiasa selalu mendampingi kami setiap langkah hidup kami. Amin.

 

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 11 Mei 2021